30 Ribu Lebih Data Pemilih Ganda Ditemukan di Jateng

JawaPos.com - Sebanyak 34.850 data pemilih ganda ditemukan di Jawa Tengah. Jumlah ini mencakup 0,13 persen dari total jumlah keseluruhan, yakni 27.395.415 orang pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum 2019.

Hal itu diutarakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo, yang mengatakan bahwa identitas ganda itu ditemukan pihaknya usai dilakukan pencermatan selama sepuluh hari pada masukan parpol maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Menurutnya, puluhan ribuan data pemilih ganda itu dipastikan dicoret dari DPT. Kegandaan, menurut Joko, terbagi dalam beberapa kategori. Ada yang betul-betul ganda juga didapati pula pemilih yang sudah meninggal dunia, baik sebelum dan sesudah penetapan DPT.

"Kemudian ada yang benar-benar orang itu namanya sama, alamatnya sama, kurang tahu saya. Apakah karena aplikasi atau apa, di beberapa kabupaten/kota itu muncul NIK-nya cukup banyak. Padahal oranganya berbeda. Lalu juga sebagian besar data yang dipake basisnya daftar pemilih sementara (DPS)," ujar Joko, Jumat (14/9).

Joko berujar, data pemilih ganda paling banyak ditemukan di Kabupaten Banyumas. Ada sekitar tiga ribuan data ganda di sana. Semenara kabupaten/kota lain, katanya, hanya sekitar seribu atau bahkan setengahnya.

DPT hasil perbaikan tersebut, lanjutnya, bakal terus diperbarui sembari dicermati hingga sebelum pelaksanaan Pileg dan Pilpres pada 2019 mendatang. "Kita akan ada forum koordinasi pemutakhiran data pemilih. Supaya DPT ini bisa terus dicermati bersama," sambungnya.

Data ini juga bakal digunakan untuk mengoreksi Sistem Data Pemilih (Sidalih). Hal ini, kata Joko, dilakukan agar data yang dilihat oleh publik sama persis.

Adapun proses pindah pemilih yang pada saat bersamaan dilakukan. Hal ini bakal berpengaruh pada kebutuhan logistik di Pemilu tahun depan. "Ini harus kita kelola, paling lambat akan kita layani sampai H-30 agar kita bisa mengatur distribusi logistik ketika terjadi perubahan," tutupnya.

(gul/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/09/14/243193/30-ribu-lebih-data-pemilih-ganda-ditemukan-di-jateng

1 Response to "30 Ribu Lebih Data Pemilih Ganda Ditemukan di Jateng"