Topan Mangkhut Menuju Filipina, Pemerintah Evakuasi Ribuan Orang

JawaPos.com - Topan Mangkhut sudah mulai menuju Filipina. Topan ini membawa angin kencang dan akan menghantam Filipina. Ribuan warga mulai dievakuasi. "Langkah pencegahan yaitu evakuasi sedang berlangsung di daerah pesisir, desa-desa yang rawan terkena badai. Kami akan mengevakuasi lebih banyak," ujar juru bicara pemerintah lokal, Rogelio Sending dilansir dari AFP Kamis, (13/9).

Topan Mangkhut, menghembuskan angin 255km/jam. Sekolah dan kantor ditutup dan para petani berlomba untuk menyelamatkan tanaman. Sepuluh juta orang berada di jalur badai, bersama dengan jutaan lainnya di daerah pesisir Cina selatan.

Filipina dilanda sekitar 20 topan dan badai dalam setahun. Peramal cuaca mengatakan Mangkhut adalah yang terkuat sejauh ini di 2018.

Pihak berwenang Filipina mengatakan, mereka mengharapkan gelombang badai hingga tak sampai 7 meter. Mereka juga memperingatkan bahwa hujan lebat dapat memicu tanah longsor dan banjir bandang.

Topan paling mematikan di negara itu adalah Topan Super Haiyan, yang menewaskan lebih dari 5.000 orang dan jutaan orang terkena dampak pada tahun 2013.

Di Hong Kong persiapan sudah berlangsung untuk badai Mangkhut, meskipun diperkirakan tidak akan sampai pada hari Minggu.

(iml/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/09/13/242883/topan-mangkhut-menuju-filipina-pemerintah-evakuasi-ribuan-orang

0 Response to "Topan Mangkhut Menuju Filipina, Pemerintah Evakuasi Ribuan Orang"

Posting Komentar