Berkunjung ke Malang, Panglima TNI Sempatkan 'Nyadran' Makam Kakek

Hadi menyempatkan diri untuk mengunjungi makam kakeknya tersebut di tengah jadwal tinjauannya ke Kota Malang. Tradisi nyadran sendiri merupakan serangkaian budaya masyarakat Jawa untuk menyambut Bulan Puasa Ramadan.

"Kalau orang bilang Nyadran. Itu termasuk kewajiban," ujarnya usai melakukan tabur bunga ke makam kakeknya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati, Senin (30/4) sore.

Makam (alm) Yosin sendiri terbilang masih baru di area TMP. Pasalnya, makam tersebut baru saja dipindahkan dari Taman Pemakaman Umum (TPU) Candirenggo, Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (27/4) lalu.

"Wafat sudah sejak tahun 1988, tapi baru dipindah hari Jumat (27/4) kemarin," kata pria asli Malang itu. Hadi menceritakan, ketika kakeknya wafat, saat itu dirinya masih berpangkat Letnan 2. Saat itu pula, Hadi melihat jika kakeknya mempunyai Bintang Gerilya. Di pemakaman pun diberikan tanda sebagai pejuang Kemerdekaan.

"Sehingga ketika saya menjadi Panglima TNI, seizin Dandim saya sampaikan apakah bisa dipindahkan makam kakek saya. Karena kalau saya datang (ke makam) pasti ditumbuhi rumput tidak terawat, ya mendingan saya titipkan ke negara saja kakek saya," papar dia.

Atas permintaan itu pula lah, kemudian makam sang kakek akhirnya bisa dipindahlan. "Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar. Kebetulan hari ini saya membuka latihan PPRC, ada waktu sebentar untuk menjenguk makam kakek saya," jelasnya.

Hadi memang merupakan salah satu cucu yang cukup dekat dengan (alm) Yosin. "Saya termasuk sering kumpul dengan kakek saya," ujarnya.

Dia menceritakan, kakeknya dulu termasuk orang yang tidak punya. Hidupnya pun di bawah kayu bambu. Kesehariannya, (alm) Yosin adalah sosok yang biasa mengurus masjid. "Sejak kecil saya sering tidur disitu dan memang ada nilai-nilai yang bisa saya terima adalah nilai kesabaran, bahwa hidup itu banyak ujian yang bisa kita nikmati dengan melaksanakan kebaikan," tuturnya.

Hal itu pula lah yang menjadi salah satu pedoman hidupnya hingga kini. "Nilai kesabaran, nilai sosial, saling menghargai kepada seluruh manusia dari golongan apapun. Itulah nilai yang saya ambil," pungkasnya.

(fis/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/30/208722/berkunjung-ke-malang-panglima-tni-sempatkan-nyadran-makam-kakek

0 Response to "Berkunjung ke Malang, Panglima TNI Sempatkan 'Nyadran' Makam Kakek"

Posting Komentar