Kim Jong Un Undang Ahli dan Wartawan AS untuk Tutup Siklus Nuklir

Sebelum KTT, media Pemerintah Korut menyatakan, Pyongyang akan segera menangguhkan uji coba nuklir dan rudal. Menghancurkan situs uji nuklirnya sendriri.

Fokus utama Korut adalah mengejar pertumbuhan ekonomi dan perdamaian. Sekretaris Presiden Moon Jae In, Young Chan mengatakan, Kim telah berjanji akan mengundang para ahli dan jurnalis dalam hal penutupan situs uji coba nuklir tersebut.

Chan menegaskan, Kim bukan tipe orang yang akan menggunakan senjata nuklirnya melawan Korsel atau AS di seluruh Pasifik.

Saat ini ada dua tambahan terowongan yang lebih besar yang dalam kondisi yang sangat baik di Punggye Ri. Kim rupanya ingin menepis anggapan, situs uji coba nuklirnya telah runtuh setelah gempa berulang. Ia ingin menunjukkan keseriusan menutup situs uji coba nuklirnya.

Guna memfasilitasi kerja sama lintas batas di masa depan, Kim juga berjanji untuk mengubah zona waktu Pyongyang. Korut akan memindahkan jamnya ke depan 30 menit agar sinkron dengan waktu Korsel.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada Moon melalui telepon, dia senang para pemimpin kedua Korea menegaskan kembali tujuan denuklirisasi lengkap selama KTT. Trump juga sedang mempersiapkan untuk menarik AS dari kesepakatan nuklir internasional 2015 dengan Iran.

(ina/trz/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/30/208516/kim-jong-un-undang-ahli-dan-wartawan-as-untuk-tutup-siklus-nuklir

0 Response to "Kim Jong Un Undang Ahli dan Wartawan AS untuk Tutup Siklus Nuklir"

Posting Komentar