Terpilih, Gus Ipul Janjikan Penuntasan Jalan Tol Kediri-Tulungagung

Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf bersilaturahmi bersama anggota Dewan Pimpinan Cabang Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kabupaten Kediri, Senin (30/4). (dok. Timses Media Gus Ipul-Puti)

JawaPos.com - Calon gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf bersilaturahmi bersama anggota Dewan Pimpinan Cabang Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kabupaten Kediri, Senin (30/4). Acara tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Jabal Nur, Desa Duwet, Kecamatan Wates.

Beberapa petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) turut hadir pada kesempatan tersebut. Salah satunya adalah Ketua DPC PDIP Kediri yang juga mantan Bupati, Sutrisno. PDIP memang menaungi ormas tersebut.

Pada acara itu, Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf mengungkapkan komitmennya untuk membantu proyek infrastruktur nasional di bawah pemerintah pusat. Mulai pembangunan jalan tol hingga proyek bandara. 

Khusus untuk jalan tol, pemerintah pusat telah sepakat dalam waktu dekat membangun jalan tol dari Kertosono yang menembus wilayah Kabupaten Kediri. Proyek tersebut akan dikerjakan PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) yang akan berubah nama menjadi PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNKK).

Jalan sepanjang 22 Km ini akan terdapat dua simpang susun yang berada di daerah Papar Nganjuk dan daerah Banyakan Kediri. Jalan ini juga akan tersambung dengan jalan tol Solo-Kertosono yang saat ini juga masih tahap proses penyempurnaan. 

Gus Ipul

Gus Ipul bercengkrama dengan warga di Pondok Pesantren Jabal Nur, Desa Duwet, Kecamatan Wates, Kediri (dok. Timses Media Gus Ipul-Puti)

Saat ini proyek tol di Kediri tersebut masih tahap proses penempatan lokasi dari Gubernur Jawa Timur. Survei lokasi ini bertujuan untuk menentukan desain. Awal 2019 rencananya akan mulai proses pembebasan lahan yang diperkirakan akan menghabiskan anggaran Rp 2,7 triliun. 

Gus Ipul berkomitmen apabila terpilih sebagai gubernur, dirinya akan menindaklanjuti proses rencana pemerintah pusat tersebut. "Rencana pembangunan jalan tol yang nantinya menghubungkan Kediri hingga Tulungagung sudah masuk dalam rencana kami sejak saya menjadi Wakil Gubernur," tegas Gus Ipul.

Bahkan rencana tersebut juga telah diusulkan kepada pemerintah pusat. "Sehingga kalau nanti kami terpilih, kami akan dorong dan lanjutkan supaya proses pembangunan jalan tol ini bisa terealisasi," imbuh mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut.

Nantinya Jawa Timur akan dikelilingi oleh jalan tol yang menghubungkan Surabaya-Solo hingga Surabaya-Banyuwangi. Banyaknya akses tol tersebut diharapkan akan memaksimalkan pembangunan di Jawa Timur.

Kehadiran jalan tol akan mengikis kesenjangan ekonomi Jatim bagian Selatan yang saat ini masih tertinggal di banding utara. "Jalan tol bisa menumbuhkan ekonomi, membangun city link dan membuka layanan transportasi sehingga memudahkan orang dan barang. Ada JLS (jalur lintas selatan) juga, harapannya ke depan kawasan selatan akan lebih maju," ungkap Gus Ipul.

(did/JPC)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

Sponsored Content

loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/30/208662/terpilih-gus-ipul-janjikan-penuntasan-jalan-tol-kediri-tulungagung

0 Response to "Terpilih, Gus Ipul Janjikan Penuntasan Jalan Tol Kediri-Tulungagung"

Posting Komentar