KASN Soroti dan Turunkan Tim Terkait Dugaan Pejabat Tidak Netral

Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali (Moh Mukit/JawaPos.com)

JawaPos.com - Kasus dugaan dua Aparatur Negara Sipil (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) yang tidak netral dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 telah menjadi sorotan Komisi ASN (KASN). Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali.

Bahkan katanya, lembaga pengawas ASN ini telah menerjunkan tim khusus ke Jawa Timur untuk melakukan pengawasan serta investigasi. Dua ASN yang dimaksud adalah, Asisten II Bidang Ekonomi Fattah Jasin yang kedapatan berfoto bersama pendukung salah satu paslon dengan mengacungkan salam dua jari sebagai simbol dukungan pada paslon tertentu.

Dimana foto itu diunggah melalui media sosial Instagram beberapa waktu lalu. Sementara itu ASN lainnnya yakni Setiajid yang merupakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi. Ia kedapatan memberikan komentar bernada dukungan pada foto Fattah Jasin.

"Kebetulan KASN ini mitranya Komisi II. Saya mendapatkan informasi KASN sudah menurunkan tim ke Jawa Timur untuk memantau ASN. Saya juga sudah komunikasi, mereka memberikan perhatian serius di Jawa Timur," kata Zainuddin di Surabaya, Senin, (30/4).

Politisi yang akrab disapa ZA ini menjelaskan, tugas utama KASN adalah melakukan pengawasan. Namun, jika ditemukan pelanggaran, KASN akan melakukan proses hingga pemberian sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya. Hal itu, tentu juga berlaku bagi Fattah Jasin dan juga Setiajid.

"Kalau memang pelanggarannya berat, sampai dengan sanksi pemecatan. Karena Undang-Undang ASN mengatakan begitu," imbuhnya.

Oleh karenanya, ZA menghimbau kepada seluruh ASN di Jawa Timur agar benar-benar menjaga netralitas dalam Pilgub Jatim kali ini. Ia juga mencontohkan, beberapa kasus di daerah lain pada Pilkada serentak sebelumnya yang berujung pada pemecatan.

"Mudah-mudahan ASN di Jawa Timur tidak melanggar dan benar-benar netral. Jangan sampai dukung mendukung calon, baik secara sembunyi-sembunyi apalagi secara terang-terangan. Karena ini KASN sangat serius di Jawa Timur," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

Sponsored Content

loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/30/208651/kasn-soroti-dan-turunkan-tim-terkait-dugaan-pejabat-tidak-netral

0 Response to "KASN Soroti dan Turunkan Tim Terkait Dugaan Pejabat Tidak Netral"

Posting Komentar