Supermarket Bencana, Pelajar di Malang Dilatih Kesiapsiagaan Bencana

Mereka berasal dari 11 SMP dan SMA serta sederajat di Kecamatan Turen. Para siswa ini, merupakan anggota PMR yang dilatih untuk penanganan bencana alam.

Dengan begitu, mereka siap dan memiliki keterampilan yang memadai untuk memberikan pertolongan saat terjadi bencana. Misalnya saja, pertolongan pertama pasca bencana. Pertolongan saat korban mengalami fraktur atau patah tulang.

Ketua Panitia dari Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Turen Sugeng Supriyanto menjelaskan, pembekalan penanganan bencana ini penting diberikan kepada PMR. Pasalnya, Kabupaten Malang rawan bencana alam.

"Mereka dibekali keterampilan Kepalangmerahan, kesehatan remaja, kesiapsiagaan bencana dan pertolongan pertama," kata Sugeng, Minggu (29/4).

Dia menjelaskan, total, potensi relawan muda di Turen sebanyak 650 pelajar. Selain melatih kesiapsiagaan bencana, para pelajar juga dilatih kemandirian.

Lanjut Sugeng, memacu keterampilan dan ketangkasan mereka juga digelar perlombaan keterampilan. Meliputi lomba pertolongan pertama, kesiapsiagaan bencana, remaja sehat peduli sesama dan ayo siaga bencana.

Termasuk kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Dia mencontohkan, Rabu (26/4), terjadi gempa bumi tektonik berkekuatan 4,9 Skala Richter. Pusat gempa berada di laut pada jarak 148 kilometer arah selatan Dampit, Kabupaten Malang, dengan kedalaman 52 kilometer.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto menjelaskan, indeks risiko bencana alam Kabupaten Malang menempati urutan kedua di Jawa Timur. Sedangkan secara nasional, berada di urutan ke sembilan.

"Kabupaten Malang seperti supermaket bencana," katanya.

Kabupaten Malang rawan terhadap 12 bencana. Antara lain gempa bumi, tsunami, gunung api, banjir, longsor, angin puting beliung, kebakaran hutan, banjir rob, bencana industri, bencana sosial (konflik) dan gagal teknologi.

Sementara itu, Bagian Rumah Tangga PMI Kabupaten Malang Antonius Rukha menjelaskan, kegiatan ini hanya refreshing materi saja.
"Tidak ada simulasi. Kalau simulasi beda lagi," tegas dia.

(tik/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/29/208413/supermarket-bencana-pelajar-di-malang-dilatih-kesiapsiagaan-bencana

0 Response to "Supermarket Bencana, Pelajar di Malang Dilatih Kesiapsiagaan Bencana"

Posting Komentar