Perkembangan Era Digital, Perilaku Konsumen Sangat Mudah Terpantau

Presidium Majelis Nasional KAHMI Kamrussamad mengatakan, kini kebutuhan konsumen atau pasar itu sangat mudah dipantau dari media sosial (medsos). Baik itu kecenderungan belanja konsumen dan barang yang digemari.

"Pengetahuan akan perilaku konsumen ini sangat penting sebagai landasan untuk mengembangkan bisnis, terutama ketika kamu ingin melakukan berbagai inovasi," Kamrussamad kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/4).

Menurut dia, era digital membawa dampak dan perubahan yang cukup besar dalam perdagangan dunia pada masa depan. Ekonomi digital meningkat dua kali lipat dibandingkan 2008 yang baru mencapai 2 persen dari GDP dunia. Pertumbuhan untuk lima tahun ke depan diperkirakan sebesar 11 persen per tahun.

"Menurut saya, perdagangan digital merupakan bagian dari revolusi digital yang akan membawa dampak yang sangat luas bagi seluruh daerah," tegasnya.

Dari informasi yang diterimanya sebanyak 1,8 miliar jiwa penduduk di negara-negara Asia Pacific Economic Cooperation (APEC)‎ telah bertransaksi online pada akhir 2015. Jumlah itu sebanding 65 persen penduduk APEC yang berjumlah 2,85 miliar jiwa.

Jasa online yang mempunyai pasar sebesar USD 1,6 triliun diperkirakan akan tumbuh 13 persen per tahun sampai 2020. Sebanyak dua pertiga nilai tersebut berasal dari e-retail dan e-travel.

Oleh karena itu, dirinya selalu mendorong lahirnya wirausahawan dari generasi milenial dan tidak gagap akan teknologi. Pasalnya, di era ini pemasaran akan sangat mudah. Kontrol pasar pun tidak lagi dilakukan secara konvensional melainkan dengan digitilisasi. "Jadi dimana pun, kapan pun pemantauan usaha bisa dilakukan melalui genggaman," tegasnya.

Dia berharap kehadiran Kahmipreneur di beberapa daerah mulai dari Bali, Potianak, Mamuju dan beberapa kota lainnya di Indonesia bisa membuka peluang usaha sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kota atau daerah. Sehingga, apa yang dilakukan bisa langsung dirasakan manfaatnya untuk peningkatan kesejahteraan anggota KAHMI sebagai pelaku usaha.

(iil/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/04/05/202000/perkembangan-era-digital-perilaku-konsumen-sangat-mudah-terpantau

Related Posts :

0 Response to "Perkembangan Era Digital, Perilaku Konsumen Sangat Mudah Terpantau"

Posting Komentar