KPU Imbau Calon Anggota DPD Wajib Kampanyekan Diri

JawaPos.com - Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jawa Barat wajib mengkampanyekan diri dengan berbagai cara-cara baik. Hal itu untuk memperkenalkan diri, juga menawarkan program kepada masyarakat (pemilih).

Dengan cara tersebut upaya untuk menangkal berita bohong atau hoax. Karena fenomena ini masih tetap mendominasi peredaran informasi terutama di media sosial.

Komisioner KPU Jabar Divisi Perencanaan dan Data, Ferdhiman Bariguna pada acara rapat bersama bakal calon (balon) anggota DPD RI mengatakan para balon dituntut mempersiapkan diri, termasuk biaya kampanye. Karena, pasalnya negara hanya membantu sebagian dari kebutuhan tersebut.

Begitu pula syarat-syarat administratif perlu dipersiapkan. Selebihnya, masyarakat pemilih yang menilai. Ferdhiman mengajak balon DPD melawan informasi hoax dalam mewujudkan Pemilu tanpa fitnah.

"Mudah-mudahan terjalin sinergi yang kuat antara KPU dengan balon anggota DPD, yang memberi manfaat luas bagi masyarakat," kata Ferdhiman di kantor KPU Jabar, Bandung, Sabtu (30/6).

Sementara itu, Komisioner KPU Jabar Divisi Teknis Endun Abdul Haq, berharap pendaftaran DPD berjalan lancar dan tidak ada hambatan. Dalam menunjang kelancaran, pihak KPU Jabar menyelenggarakan rapat internal bersama Balon anggota DPD tanpa didukung anggaran negara.

"Kegiatan ini merupakan pelayanan minimal KPU karena intinya untuk memperlancar pendaftaran calon anggota DPD," ungkap Endun.

Pengelolaan pendaftaran DPD cukup ringan karena hanya melayani 58 balon. Kondisi ini berbeda dengan pendaftaran balon anggota DPRD yang mencapai 1.920 orang atau sekitar 120 kursi per partai dari 16 partai. Selebihnya, pihaknya mengingatkan pendaftaran DPD berlangsung 9 hingga 11 Juli 2018.

"Para balon DPD daftar langsung secara pribadi dengan memberi tahu sebelumnya ke KPU, membawa dokumen pencalonan syarat calon, membawa Berita Acara rekapitulasi hasil akhir verifikasi faktual, dan dokumen diinput ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon)," tandasnya.

(ona/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/30/224066/kpu-imbau-calon-anggota-dpd-wajib-kampanyekan-diri

0 Response to "KPU Imbau Calon Anggota DPD Wajib Kampanyekan Diri"

Posting Komentar