Polres Tegal Siapkan Pasukan Pengamanan

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai melakukan pergeseran kotak suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke KPUD. Dalam situasi ini kerawanan kerap kali terjadi karena dapat mengakibatkan kerusakan kotak suara atau kehilangan jika tidak dikawal dengan benar.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Jon Wesly Arionto mengatakan, pihaknya telah menyiagakan pasukannya guna melancarkan proses pengiriman kotak suara. Sebanyak 10 personil disiapkan untuk setiap pengiriman.

"Kita bersinergi menyiapkan 10 personil dari pihak polisi, TNU, Linmas dan Satpol PP serta dikoordinasi oleh satu perwira. Kemudian dari PPK ke KPU disiapkan," ujar Jon di Polres Tegal Kota, Sabtu (30/6).

Dari hasil hitung cepat, dari 5 pasangan calon (paslon) Wali Kota dan wakil Wali Kota yang berkompetisi, pasangan Dedy Yon-Jumadi unggul tipis dari pesaing terdekatnya Habil Aly-Tanty. Perbandingan persentasenya yaitu 28,88 persen dengan 27,73 persen.

Situasi seperti ini kerap kali memancing kondisi rawan. Oleh sebab itu, Polres Tegal telah menyiapkan berbagai macam antisipasi untuk mencegah terjadi kekerasan. Namun hingga saat ini situasi masih kondusif.

"Di kota Tegal tentunya dari hasil penghitungan suara dari 5 paslon Alhamdulillah masih berjalan aman dan lancar, kita sudah siapkan prediksi ancaman tahapan pilkada itu kita akan mengantisipasi," imbuh Jon.

Langkah pencegahan lain juga turut dikordinasikan dengan panitia pemilu. Tapi ,apabila nantinya situasi terus meningkat hingga terjadi kriminalitas, maka Polres Tegal telah menyiapkan strategi dan personil gabungan menetralisir keadaan.

"Kita sudah siapkan tentunya kekuatan yang kita miliki sesuai dengan protap kita Sabara, BKO Brimob ada perbantuan dari TNI yang siap diterjunkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kami terus berkordinasi dengan panitia dan yang lain untuk kita pelihara situasi kamtibmas," pungkas Jon.

Sementara itu dari 4 kecamatan yang ada di Tegal, sebanyak 2 kecamatan telah menyelesaikan rekapitulasi hitung suara dan logistik mulai dikirim menuju KPUD. Sedangkan 2 kecamatan lain masih dalam proses tahap penghitungan.

(sat/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/30/224078/polres-tegal-siapkan-pasukan-pengamanan

0 Response to "Polres Tegal Siapkan Pasukan Pengamanan"

Posting Komentar