Tak Terima Hasil QC, Pilkada Dua Daerah di Sumsel Diwarnai Unjuk Rasa

JawaPos.com - Hasil quick count (QC) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di  Sumatera Selatan (Sumsel) berujung pada kekecewaan beberapa massa hingga akhirnya terjadi unjuk rasa. Hal ini terjadi di dua daerah di Sumsel yakni, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Muara Enim.

Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnain Adinegara mengakui, ada dua daerah yang terjadi unjuk rasa karena tidak terima hasil Pilkada meski hanya quick count. Karena itu, para aksi meminta untuk Perhitungan Suara Ulang (PSU).

Ia mengaku, aksi tersebut wajar terjadi dan diperbolehkan, asalkan masih berada dalam koridor hukum. Namun, jika melewati koridor tentunya akan mempengaruhi kondusifitas keamanan.

Tak Terima Hasil QC, Pilkada Dua Daerah di Sumsel Diwarnai Unjuk Rasa
Kondisi unjuk rasa Pilkada di Lahat dan Muara Enim (Istimewa)

"Jadi kami baik paslon dan pendukung untuk tetap menjaga keamanan dan kondusifitas di Sumsel. Apalagi kita akan menjadi tuan rumah Asian Games," ujarnya, Jumat (29/6).

Menurutnya, jika memang ada yang merasa dicurangi, maka silahkan melapor melalui panitia pengawas (Panwas), karena memang sudah tahapannya. Pihaknya juga tidak dapat langsung melakukan penangkapan, karena ranahnya yaitu Panwas.

Karena itu, ia meminta seluruh masyarakat, paslon dan pendukung untuk menghargai proses quick count, dan real count. Tentunya semua harus bersabar dan KPU juga sudah menegaskan akan tegak lurus.

"Jadi kami harap jangan merusak, mengintimidasi baik penyelenggara ataupun yang melawan hukum," ujarnya. 

Terkait dengan beredarnya video pengroyokan di Lahat, diakuinya memang terjadi di Lahat karena dituding sebagai aktor politik uang.

Namun, ia mengaku bahwa, korban penggeroyokan tersebut merupakan salah satu keluarga paslon yang hanya melintas. Namun, dikarenakan beberapa yang tidak senang hasil pilkada sehingga korban langsung dikeroyok.

Beruntung korban langsung diselamatkan Polres Lahat. Untuk tersangkanya sendiri pihaknya akan melakukan pencarian."Jika korban melapor tentu kami terima dan kami akan mencari tsknya," tutupnya.

(lim/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/29/223938/tak-terima-hasil-qc-pilkada-dua-daerah-di-sumsel-diwarnai-unjuk-rasa

0 Response to "Tak Terima Hasil QC, Pilkada Dua Daerah di Sumsel Diwarnai Unjuk Rasa"

Posting Komentar