Curah Hujan Tinggi Saat Kemarau di Bandung, Ini Penjelasan BMKG

JawaPos.com - Sejak awal Juni 2018 wilayah Jawa Barat telah memasuki musim kemarau. Namun beberapa lalu Kota Bandung dan beberapa wilayah Jabar mengalami gangguan musim dengan hadirnya curah hujan tinggi saat kemarau.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, mengatakan secara umum wilayah Bandung raya dan Jawa Barat sudah memasuki musim kemarau, ditandai dengan curah hujan mulai berkurang. Perihal masih adanya curah hujan hal tersebut akibat gangguan cuaca jangka pendek.

"Minggu lalu, sempat mengalami peningkatan curah hujan itu disebabkan karena ada gangguan cuaca jangka pendek sehingga ada penyimpangan," kata Tony saat kepada JawaPos.com, Jumat (29/6).

Maksud penyimpangan tersebut, kata Tony, saat kemarau seperti saat ini adanya curah hujan yang meningkat. Jika di Bandung sendiri terjadi selama tiga harri beberapa waktu lalu.

Namun, tidak hanya berhenti saat itu juga melainkan diprediksi akan terjadi lagi beberapa hari ke depan. Yakni akan hujan di sore hari dari hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah Jabar.

"Tapi ini hanya sesaat karena mulai Minggu depan sudah kembali ke kondisi normal lagi. Karena kita memasuki musim kemarau cuaca didominasi dengan cuaca yang cerah, suhu udara di siang hari tinggi dan biasanya di malam hari terasa lebih dingin," ungkapnya.

Perihal cuaca dingin saat malam hari dan terik di siang hari merupakan kondisi suhu yang normal ketika kemarau. Hanya saja saat ini ada gangguan cuaca jangka pendek, sehingga masih ada cuarah hujan saat kemarau.

"Itu Normal, cuma ada gangguan cuaca jangka pendek, tiga sampai seminggu akan ada hujan saat musim kemarau. Tapi bulan-bulan yang akan datang kita update jika ada gangguan cuaca jangka pendek," jelasnya.

Untuk diketahui, cuaca di Bandung beberapa hari lalu sempat diguyur hujan ringan dan sedang. Kemudian cuaca di siang hari sangat terik namun malam dan dini hari Bandung begitu dingin. Bahkan diketahui mencapai minimum 18 derajat celsius.

(ona/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/29/223838/curah-hujan-tinggi-saat-kemarau-di-bandung-ini-penjelasan-bmkg

0 Response to "Curah Hujan Tinggi Saat Kemarau di Bandung, Ini Penjelasan BMKG"

Posting Komentar