Duel Antar Lini Prancis vs Argentina

JawaPos.com - Bentrokan Prancis dengan Argentina di babak 16 besar, Sabtu (30/6) malam bakal menjadi panggung bertemunya pemain-pemain top dunia. Bertempat di Stadion Kazan Arena, mereka akan bertarung demi meraih tiket ke fase 16 besar.

Prancis kali ini diperkuat banyak pemain muda. Sementara Argentina masih membawa sejumlah penggawa senior yang pernah tampil dalam beberapa edisi Piala Dunia. Berkaca dari fakta tersebut, menarik melihat pertarungan kedua tim di pertandingan malam nanti.

Berikut ini Jawapos.com berikan ulasan singkat duel lini per lini:

Penjaga Gawang
Prancis: Di posisi ini, Prancis mempunyai dua kiper berpengalaman yaitu Hugo Lloris dan Steve Mandanda. Namun Lloris kerap menjadi pilihan utama karena kepiawaiannya di bawah mistar gawang sudah diakui oleh banyak pihak.

Kiper Tottenham Hotspur tersebut juga dipercaya sebagai kapten Les Blues. Jadi lloris berpeluang besar untuk ambil bagian dalam starting XI Prancis kontra Argentina.

Argentina: Tim Tango juga memiliki pemain berpengalaman di posisi ini. Willy Caballero, Nahuel Guzman, serta Franco Armani sudah berusia kepala tiga dan mereka telah banyak makan asam garam di panggung sepak bola internasional.

Namun masalahnya, hanya Caballero yang bermain di kompetisi seketat Liga Primer Inggris. Dua nama lainnya berkarir di benua Amerika yang jelas-jelas tidak memiliki persaingan sekompetitif klub-klub Eropa.

Sayangnya Caballero melakukan kesalahan fatal saat Argentina melakoni laga kedua babak penyisihan grup D melawan Keoasia. Kiper berkepala plontos itu blunder sehingga tidak dimainkan lagi ketika negaranya menghadapi Nigeria.

Pemain bertahan
Prancis: Duet Real Madrid-Barcelona terlihat di lini belakang Timnas Prancis. Keberadaan Raphael Varane dan Samuel Umtiti seolah menjadi tembok kokoh yang bisa menciutkan penyerang-penyerang lawan.

Di sektor bek sayap, Prancis kerap mengandalkan Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez. Sebagai cadangannya, negara dengan ibu kota Paris ini memiliki Benjamin Mendy, Adil Rami, Djibril Sidibe, dan Presnel Kimpembe.

Argentina: Lini pertahanan Argentina tengah mendapat kritik pedas. Itu terjadi karena gawang mereka sudah kecolongan lima gol selama babak penyisihan grup D Piala Dunia 2018.

Soal materi pemain, Argentina sebenarnya punya personel yang tidak kalah hebat. Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Cristian Ansaldi, Gabriel Mercado, Federico Fazio, dan Nicola Tagliafico merupakan nama-nama yang dipercaya Jorge Sampaoli untuk mengawal tembok pertahanan. Sayangnya aksi beberapa pemain masih terlihat mengecewakan. Itu sebabnya Argentina sempat keteteran menghadapi persaingan di babak penyisihan grup D.

Gelandang
Prancis: Banyak pemain bintang yang bisa diandalkan Prancis untuk mengisi lini tengahnya. Selain Paul Pogba, Prancis juga membawa N'golo Kante, Blaise Matuidi, Steven N'Zonzi, Corentin Tolisso, serta Thomas Lemar.

Untuk posisi ini, Didier Deschamps selaku pelatih tim telah melakukan rotasi besar-besaran. Artinya semua pemain sudah mendapat jatah tampil di Piala Dunia 2018. Namun untuk laga melawan Argentina, Deschamps diprediksi bakal memprioritaskan Pogba dab Kante untuk mengisi starting XI.

Argentina: Javier Mascherano yang biasa bermain sebagai bek tengah ketika membela Barcelona beberapa musim terakhir, mengubah perannya menjadi gelandang bertahan saat memperkuat Timnas Argentina. Sebagai penggawa senior, Mascherano ditugaskan mengomandoi para pemain ketika melakukan transisi dari bertahan ke menyerang atau sebaliknya.

Gelandang berusia 34 tahun tersebut selalu ambil bagian dalam semua laga di babak penyisihan grup D. Di pertandingan melawan Prancis, Mascherano berpeluang besar untuk tampil sejak menit pertama. Di lini tengah, ia bisa ditemani Giovani Lo Celso, Lucas Biglia, Maximiliano Meza, Enzo Perez, atau Eduardo Salvio.

Penyerang
Prancis: Sejumlah striker bintang dimiliki Timnas Prancis. Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Nabil Fekir, Ousmane Dembele, Florian Thauvin, dan Kylian Mbappe siap menebar ancaman ke lini belakang Argentina.

Sebagai pilihan utama, Deschamps sepertinya akan menunjuk trio Mbappe, Giroud, dan Griezmann. Ketiga pemain ini bisa beralih posisi dari penyerang sayap menjadi ujung tombak murni.

Argentina: Sama seperti Prancis, Argentina juga diperkuat striker-striker hebat. Selain Lionel Messi, Tim Tango juga memiliki Paulo Dybala, Angel Di Maria, Gonzalo Higuain, Cristian Pavon, Marcos Acuna, serta Sergko Aguero.

Meski penampilan mereka belum terbilang memuasakan, keberadaan pemain-pemain tersebut jelas jadi ancaman untuk lini belakang Prancis. Perhatian lebih sepertinya akan mengarah pada Messi yang sempat mendapat kritik di awal babak penyisihan grup.

(bep/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/30/224076/duel-antar-lini-prancis-vs-argentina

0 Response to "Duel Antar Lini Prancis vs Argentina"

Posting Komentar