Lembar Pengumuman DPS Pemilu Diduga Dibakar

JawaPos.com - Papan pengumuman di Kantor Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, diduga dibakar. Lembar pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 yang terpasang pun ikut hangus.

Semula ada lembar DPS yang berasal dari 78 tempat pemungutan suara (TPS). Namun hanya tersisa 3 bendel dari tiga TPS saja yang bisa diselamatkan. Sementara lembar lainnya terbakar tidak tersisa.

Kertas yang berisi daftar nama-nama calon pemilih itu ditempel di dua papan kayu berukuran 1,5 meter x 2,5 meter. Papan diletakkan persis di depan ruang sekretariat PPS Purwantoro. Baru tiga hari papan tersebut diletakkan di depan.

DPS Pemilu 2019
DIBAKAR: Seorang warga menunjukkan papan pengumuman yang diduga dibakar oknum tidak bertanggung jawab. (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Sekretaris Kelurahan Purwantoro Zainurridho mengaku mengetahui ada kejadian kebakaran sekitar pukul 11.15 wib. "Dapat info dari orang yang akan ngurus sesuatu di kelurahan. Katanya ada kebakaran di depan," ujar Zainurridho ketika ditemui JawaPos.com, Jumat (29/6).

Saat itu, dia sedang berada di kantor kelurahan bagian belakang. Zainurridho langsung menuju ke depan begitu mendapat kabar. Keika itu api masih menyala. Dia langsung menyeret papan kayu dan menyiramnya dengan air. "Habis semua kertas yang dipasang, tersisa tiga bendel saja," terangnya.

Kertas-kertas tersebut merupakan DPS Pemilu 2019 yang memang diletakkan di luar agar bisa dilihat langsung oleh masyarakat. Dari penglihatan secara langsung, kebakaran diduga berasal dari pemantik. "Dugaan sementara, api berasal dari pemantik. Tapi belum tahu lagi. Sekarang masih diselidiki kepolisian," tuturnya.

Setelah kebakaran, pihak kepolisian dan Babinsa langsung datang untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). "Papan kayu dan beberapa lembar kertas sudah dibawa untuk di labkan," imbuhnya.

Selanjutnya untuk lembar pengganti, pihak kelurahan masih menunggu keputusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang.

(fis/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/29/223904/lembar-pengumuman-dps-pemilu-diduga-dibakar

0 Response to "Lembar Pengumuman DPS Pemilu Diduga Dibakar"

Posting Komentar