Eggy Sudjana: Kami Minta Pak Amien Turun Gunung Penuhi Panggilan Umat

JawaPos.com - Koalisi Umat Madani Center (KUM) mendeklarasikan dukungan terhadap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2019. Alasannya, mereka mengaku telah terinspirasi kemenangan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad.

Anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Eggy Sudjana mengatakan, deklarasi dukungan ini terinspirasi oleh kemenangan Mahathir. Mahathir di usia senjanya mampu menumbangkan sang petahana, Najib Razak.

Padahal, kala itu Najib disokong dengan dana besar dan kekuasaan yang berkolaborasi dengan kekuatan asing.

Eggy Sudjana: Kami Minta Pak Amien Turun Gunung Penuhi Panggilan Umat
Kemenangan Mahathir Mohamad, PM terpilih di pemilu Malaysia, menginspirasi Koalisi Umat Madani (KUM) mengusung Amien Rais sebagai calon presiden (capres). (Reuters)

"Berarti sosok Amien Rais yang masih terpaut 19 tahun di bawah usia Mahathir akan menjadi 'remaja' untuk memimpin koalisi keumatan Indonesia saat ini," kata Eggy Sudjana membacakan deklarasi di Restoran Al Jazeerah, Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Sabtu (30/6).

Amien, kata Eggy, pun didesak untuk bersedia menerima mandat dari koalisi umat madani itu. "Kami meminta Bapak Amien Rais untuk segera 'turun gunung' guna memenuhi panggilan umat untuk dapat memainkan peran," sambungnya.

Lebih lanjut, Eggy menambahkan, deklarasi dukungan kepada Amien tentunya tidak pula mendiskreditkan tokoh-tokoh lain yang juga tengah diusung oleh parpol opisisi. Misalnya saja, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mantan Menko Maritim Rizal Ramli dan nama lainnya.
Namun yang terpenting dalam deklarasi ini, ia menginginkan Amien untuk menggalang tokoh oposisi berbasis umat untuk berjalan bersama mewujudkan 2019 ganti presiden. Ia pun memahami gerakan ini nantinya bakal pula memicu kontroversi di koalisi pemerintah. Eggy pun menyarankan semua pihak untuk mengesampingkan egonya masing-masing.
"Dan hanya koalisi keumatan satu-satunya kekuatan yang paling memungkinkan kita memiliki basis kekuatan besar untuk dapat menumbangkan patron petahana," ucap Eggy.
Tak hanya itu, Eggy menuturkan, koalisi madani tidak akan berhenti hanya sampai deklarasi ini. Mereka berharap deklarasi ini menjadi barometer kesungguhan oposisi dalam menantang Joko Widodo.
"Apakah kita benar-benar ingin bersatu dengan umat dan rakyat bangsa ini, guna bersama berjuang demi NKRI. Atau hanya tenggelam dalam ego kepentingan sempit golongan dan kelompok masing-masing," tutupnya.
Sebagai informasi, surat deklarasi ditandatangani oleh Ketua KUM, Menteri Dalam Negeri era Soeharto, Letjen TNI (Purn) Syarwan Hamid, dan Sekjen KUM Nuraini Bunyamin. Pembacaan deklarasi diwakilkan oleh Anggota Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Eggy Sudjana, bersama Syarwan Hamid dan anggota koalisi lainnya.

(aim/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/30/224075/eggy-sudjana-kami-minta-pak-amien-turun-gunung-penuhi-panggilan-umat

0 Response to "Eggy Sudjana: Kami Minta Pak Amien Turun Gunung Penuhi Panggilan Umat"

Posting Komentar