Pilkada Taput Ricuh, Bawaslu Terjunkan Gakkumdu

JawaPos.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) memberi atensi pada kasus kericuhan yang terjadi di Pilkada Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) kini tengah mempelajari kasus itu.

Informasi yang diperoleh, awal mulai kerusuhan itu ternyata dipicu dari soal Formulir C1 berhologram yang tidak dimasukkan ke dalam kotak suara. Ditambah banyak kesalahan yang sudah ada sejak awal proses pilkada berjalan.

Kerusuhan pecah pada Rabu (27/6) malam. Massa menggeruduk kantor KPU Taput dan melakukan pengrusakan. Hingga kini, massa dikabarkan masih berada di KPU Taput. 

"Kemudian ada kotak yang digembok tidak di segel. Diduga juga, hasil penghitungan tim sukses nomer dua selisihnya gak terlalu banyak dengan calon petahana. Makanya mereka menuntut Pemungutan Suara Ulang (PSU)," kata Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan, Jumat (29/6) petang.

Kerusuhan itu, juga dikaitpautkan dengan kesalahan sebelum-sebelumnya. Mulai dari izin kampanye, hingga penyalahgunaan jabatan yang diduga dilakukan Nikson Nababan selaku petahana.

"Intinya mereka minta PSU. Jadi mereka tidak bisa semerta-merta juga. Masih ditangani dengan baik oleh Sentra Gakkumdu provinsi. Pelanggaran yang dilaporkan sudah diminta untuk dilengkapi barang buktinya. Misalnya, penggunaan fasilitas negara, pelibatan SKPD oleh calon petahana," ujarnya.

Syafrida pun meminta, masyarakat untuk tidak tersulut isu yang beredar. Jika pun ada pelanggaran, sudah ada salurannya untuk melapor.

"Gugatan silahkan dimasukkan ke Mahkamah Konstitusi setelah penghitungan. Semua penghitungan harus diawasi. Kalau surat suaranya hilang kan payah membuktikannya di MK. Jangan main geruduk saja," tukasnya.

Safrida juga menjabarkan, sudah banyak pelanggaran yang terjadi di sana selama proses Pilkada. Namun, kerusuhan di KPU adalah yang terparah. Dari seluruh Kabupaten/kota di Sumut, hanya di Taput yang terkendala.

Diberitakan sebelumnya, Pilkada Taput diikuti tiga pasangan calon yakni, Nikson Nababan (petahana)-Sarlandy Hutabarat, Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat-Frengky P Simanjuntak, dan Chrismanto Lumbantobing-Hotman P Hutasoit.

(pra/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/29/223948/pilkada-taput-ricuh-bawaslu-terjunkan-gakkumdu

0 Response to "Pilkada Taput Ricuh, Bawaslu Terjunkan Gakkumdu"

Posting Komentar