ASDP Terapkan Tiket Berjadwal Seperti Kereta Dan Pesawat

JawaPos.com - Perusahaan moda trasportasi pelayaran milik BUMN, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengubah tata kelola jadwal pemberangkatan. Belajar dari pengalaman perseroan setiap tahun yang terjadi kenaikan penumpang dan mengakibatkan antrean panjang di pelabuhan.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, mengatakan, dalam mengantisipasi hal tersebut, perseroan akan menerapkan port capacity management dimana sistem tersebut akan serupa dengan Bandara dan Stasiun. Nantinya, pemberangkatan di pelabuhan akan dibuat lebih terjadwal dalam kurun waktu tertentu.

"Pertama, yang akan kami lakukan adalah Port Capacity Management. Prinsipnya tiket berjadwal. Bukan orang naik kapalnya berjadwal, tapi berada di port harus ada waktunya. Hanya datang di waktu 1-2 jam. tapi belum tentu 1 atau 2 jam kita lihat dulu nanti seperti apa," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Merak-Bakauheni, seperti diberitakan Senin (30/7). 

Disamping itu, Ira mengungkapkan, bukan hanya untuk mengatasi antrean panjang di pelabuhan, tata kelola ini dapat digunakan perseroan untuk mengetahui proyeksi atau perkiraam lonjakan penumpang pada musim tertentu. Di setiap waktu akan dihitung berapa jumlah maksimal penumpang yang bisa ditampung sehingga aliran penumpang tidak membeludak.

"Selama ini kan kita tidak bisa perkirakan penumpang lebaran berapa karena selain transaksi masih menggunakan manual di pelabuhan juga belum ada sistem kelola seperti ini'" tuturnya.

Perseroan berharap, sebagai moda pelayaran milik negara dapat berkontribusi besar bagi masyarakat dengan memudahkan dari segi aspek pembayaran yang mudah dan terintegrasi maupun pelayanan yang nyaman di pelabuhan.

"Kita pinginnya untuk penumpang bukan hanya saya diselamatkan oleh ASDP tapi saya senang berlayar dengan ASDP, tandasnya.

(mys/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/30/231778/asdp-terapkan-tiket-berjadwal-seperti-kereta-dan-pesawat

0 Response to "ASDP Terapkan Tiket Berjadwal Seperti Kereta Dan Pesawat"

Posting Komentar