Dinilai Lama, Dishub Bakal Ulangi Uji Coba Rute Suroboyo Bus

JawaPos.com - PT Bank Mayapada International menghibahkan 2 bus double decker kepada pemerintah kota Surabaya beberapa waktu lalu. Pemerintah kota pun melakukan uji coba rute bus yang akan dijadikan transportasi umum tersebut pada Minggu (29/7) malam.

Rute yang diuji coba adalah jalur bus mulai dari Surabaya barat hingga timur. Tepatnya, berangkat dari Universitas Negeri Surabaya di Jalan Lidah Kulon hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 

Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, uji coba kemarin tidak terlalu mulus. Jarak tempuh sejauh 40 km baru dapat ditempuh selama 3 jam. 

"Kami sudah siapkan 60 halte di sepanjang jalurnya. Tapi ternyata memang rutenya terlalu lama. Kami masih akan evaluasi lagi, rute mana yang sekiranya lebih cepat," kata Irvan saat dihubungi JawaPos.com, Senin (30/7). 

Selain pemilihan jalur Surabaya barat ke timur yang dianggap terlalu lama, juga ada kendala lain. Tinggi badan bus sempat membentur sejumlah kabel listrik dan ranting pohon saat melintas di Jalan Dharmawangsa (sekitar Universitas Airlangga). 

"Tapi kami sudah koordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Ruang Hijau Terbuka (DKRTH). Tiang listriknya langsung ditinggikan dan ranting pohon juga kami pangkas," kata Irvan. 

Menurut Irvan, rute tersebut menjadi penting. Sebab, sebagai transportasi umum, bus double decker dituntut tepat waktu. Selain itu, rute juga penting dalam hal menjaring minat masyarakat. 

Karenanya, Irvan menyatakan pihaknya juga masih mencari rute lain yang sekiranya akan menjaring banyak penumpang. "Agustus mendatang akan kami uji rute lagi. Sambil menunggu realisasi penambahan 10 unit Suroboyo Bus," katanya. 

Ditanya soal kondisi fisik, Irvan menyatakan bahwa mesin bus dalam keadaan bagus. Bus merek Mercedes itu kapasitas mesinnya mencapai 22.000 cc. Sedangkan kapasitas penumpangnya mencapai 75 orang. 

(HDR/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/30/231912/dinilai-lama-dishub-bakal-ulangi-uji-coba-rute-suroboyo-bus

0 Response to "Dinilai Lama, Dishub Bakal Ulangi Uji Coba Rute Suroboyo Bus"

Posting Komentar