Tangkapan Nelayan di Batam Menurun

JawaPos.com - Cuaca di sebagian besar wilayah Kepulauan Riau (Kepri) kurang bersahabat untuk aktivitas kelautan dalam beberapa hari belakangan. Baik transportasi laut maupun aktivitas nelayan mencari ikan.

Hujan disertai angin kencang dan petir melanda sebagain besar wilayah Kepri. Fenomena tersebut membuat kondisi perairan yang seharusnya masih berada di musim teduh (musim angin timur), menjadi tidak mendukung aktivitas nelayan dan pengguna jasa transportasi laut.

Firman, 36, penampung hasil tangkapan nelayan di Kelurahan Rempang Cate, Galang, Batam menyampaikan, memang kondisi hujan dalam beberapa hari belakangan menyulitkan nelayan untuk beraktivitas. Imbasnya adalah penurunan jumlah tangkapan nelayan.

"Sudah dua atau tiga hari ini tak ada barang (tangkapan nelayan). Nelayan tak bisa turun ke laut gara-gara hujan angin tiap hari. Kalau ada, itu juga tak banyak," kata Firman, Senin (30/7).

Dengan kondisi seperti ini, Firman mengaku hanya bisa menunggu cuaca kembali baik. Karena kondisi sekarang cukup menyulitkan masyarakat pesisir di Kecamatan Galang yang umumnya bergantung pada aktivitas kelautan.

Sementara itu, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam Nizam Mawardi mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati karena kondisi cuaca saat ini berdampak pada arus laut yang mengalami peningkatan. "Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepri," pesan Nizam.

Untuk kondisi cuaca sendiri, hujan disertai angin kencang masih akan terjadi di wilayah Kepri. Antara lain di Kabupaten Karimun, Bintan, Tanjungpinang, dan Batam.

Hujan dan angin kencang disebabkan adanya daerah belokan angin (shearline) di wilayah Kepri. Sehingga membuat terjadinya penumpukan massa udara yang cukup mendukung untuk pertumbuhan awan-awan. "Kondisi ini berpotensi terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang," terang Nizam.

(bbi/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/30/231768/tangkapan-nelayan-di-batam-menurun

0 Response to "Tangkapan Nelayan di Batam Menurun"

Posting Komentar