Sandiaga Uno Pilih Bobo Dibanding Nonton Gerhana Bulan Total

JawaPos.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan instruksi kepada masyarakat untuk menyaksikan fenomena gerhana bulan yang akan terjadi pada Sabtu (28/7) dini hari. Dia juga mengajak masyarakat untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Nantinya, hasil foto yang telah diambil bisa disebarkan dan dikirim ke Jakarta Smart City. Menurutnya, foto terbaik yang dibagikan akan mendapatkan hadiah.

Sandiaga Uno Pilih Bobo Dibanding Nonton Gerhana Bulan Total
Infografis gerhana bulan total. (Kokoh Praba/ JawaPos.com)

"Ada instruksi bagi masyarakat untuk menyiapkan momen yang indah ini untuk diabadikan, dan kalau misalnya ada foto yang terbaik bisa (dikirim) di (Jakarta) Smart City kita akan berikan hadiahnya,” ujar Sandi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (27/7).

Namun, Politikus Partai Gerindra itu tidak menjelaskan secara rinci hadiah yang akan diberikan bagi pengirim foto gerhana bulan terbaik. “Hadiahnya lagi dipikirkan karena baru tanya sekarang. Kalau sama saya langsung saya kasih hadiah," paparnya.

Meski telah memberikan seruan agar masyarakat menyaksikan gerhana bulan, dia sendiri mengaku belum pasti berkesempatan menyaksikannya. Biasanya, dia masih terlelap pada waktu tersebut, dan baru akan melihatnya pukul 05.00 WIB atau waktu subuh.

"Jam berapa ya itu? Dini hari bobo saya. Jam 5 pagi ya bisa sebelum subuh saya lihat nobar," tandasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memprediksikan prakiraan cuaca cerah saat pemantauan Gerhana Bulan Total (GBT) pada Sabtu (28/7) dini hari. Kondisi cuaca diprediksi dari lokasi-lokasi pemantauan di beberapa daerah.

Sebelumnya diketahui, peristiwa langka ini akan menjadi fenomena GBT terlama dalam abad ini, yaitu sekitar 103 menit akan dimulai pukul 00.13 WIB dan gerhana sebagian (parsial) dimulai pada pukul 01.24 WIB. Sedangkan Gerhana Total akan dimulai pada pukul 02.30 WIB.

Sementara itu, puncak totalitas gerhana sekitar pukul 03.21 WIB dan gerhana total berakhir 04.14 WIB. Fenomena alam tersebut akan berakhir pada pukul 06.30 WIB setelah sebelumnya gerhana parsial berakhir pada pukul 05.19 WIB.

(yes/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/27/231270/sandiaga-uno-pilih-bobo-dibanding-nonton-gerhana-bulan-total

0 Response to "Sandiaga Uno Pilih Bobo Dibanding Nonton Gerhana Bulan Total"

Posting Komentar