Penyembur Asap Vape ke Satwa Jatim Park 2: Saya Iseng

JawaPos.com - Pengunjung tempat wisata Jatim Park 2 atau Batu Secret Zoo, bernama David, 30, yang meniupkan asap vape ke seekor monyet jenis Red Tailed Guenon asal Afrika akhirnya menyampaikan permintaan maaf ke pihak manajemen Jatim Park, Senin (30/7). Dia pun mengaku ceroboh dan hanya iseng saja melakukan itu.

Pria asli Malang itu mengatakan, dirinya sudah melakukan klarifikasi terkait kesalahannya yang dilakukan Minggu (29/7) sore tersebut. "Sebelumnya saya udah ada permohonan maaf di ig (instagram) pribadi saya. Memang bersifat personel, beum publish ke secret zoo. Makanya saya kesini untuk meminta maaf langsung," ujarnya, Senin (30/7).

Pria yang ternyata juga pecinta binatang itu pun membuat surat pernyataan permohonan maaf secara tertulis, karena penghembusan asap vape tersebut. Dia pun mengaku jika hal yang dilakukan itu tidak pantas dan termasuk tidak terpuji. "Membahayakan hewan tersebut. Saya menyesali dan minta maaf. Ini jadi pelajaran buat saya," kata pecinta anjing tersebut.

Penyembur Asap Vape ke Satwa Jatim Park 2: Saya Iseng
Pengunjung yang hembuskan asap vape ke monyet, David (kiri) meminta maaf ke pihak Jawa Timur Park 2. (Fiska Tanjung/JawaPos.com)

David mengaku, dirinya hanya iseng melakukan hal tersebut. "Sebelumnya saya nggak ngerti bisa merugikan hewan. Ini jadi pelajaran buat saya," terangnya.

Sementara itu, General Manager Jatim Park 2, Agus Mulyanto mengatakan, perbuatan itu sangat tidak boleh dilakukan. "Iseng atau apapun, itu tidak boleh," kata dia. Agus menghimbau agar pengunjung lebih cermat lagi ketika berada di tempat wisata.

Dia mengatakan, monyet asal Afrika itu saat ini sedang dilakukan pemeriksaan. Layaknya manusia, lanjut Agus, asap tersebut juga berefek pada monyet. "Terlalu banyak asap berpengaruh ke paru paru dan efeknya jangka panjang," ujarnya.

Sebagai informasi, monyet jenis Red Tailed Guenon mempunyai habitat di dataran rendah, hutan hujan, rawa, hutan akasia, dan hutan pegunungan. Primata ini biasa memakan buah-buahan, daun-daunan dan hewan buruan.

Saat ini, ada sekitar 20 spesies guenon dan mereka sering ditemukan di benua afrika. Biasanya, mereka hidup di dalam kelompok yang berjumlah antara 7-35 ekor, dengan satu pejantan dan banyak betina. Red tailde guenon betina biasanya bertahan di wilayah yang sama selama hidupnya, tetapi pejantan cenderung bermigrasi. Hewan ini tergolong primata berstatus konservasi rentan.

(fis/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/30/231857/penyembur-asap-vape-ke-satwa-jatim-park-2-saya-iseng

0 Response to "Penyembur Asap Vape ke Satwa Jatim Park 2: Saya Iseng"

Posting Komentar