Anies Baswedan: Tempatkan Jakarta Sebagai Kanvas

JawaPos.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendatangi kampung tematik di situs sejarah gedung galangan VOC, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (31/7). Dia berkeliling melihat mural yang dilukis pada dinding-dinding sepanjang jalan kawasan tersebut.

Pantauan JawaPos.com di lokasi, Anies memotret satu per satu mural yang mengambil tema betawi itu. Dia juga mengajak warga yang datang dan para seniman pelukis di sana untuk berfoto bersama.

Anies Baswedan: Tempatkan Jakarta Sebagai Kanvas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto di kampung tematik di situs sejarah gedung galangan VOC, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (31/7). (Yesika Dinta/ JawaPos.com)

Dengan antusias, dia sesekali selfie di depan mural-mural tersebut menggunakan telepon genggam miliknya. Bahkan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu bergaya sesuai konsep gambar-gambarnya.

Usai puas berfoto, Anies juga sempat membantu seniman melukis lantai jalan dengan berbagai warna. Tangannya terlihat lihai menggoreskan kuas catnya ke lantai yang terbuat dari konblok itu.

Kampung tematik disiapkan untuk meramaikan Asian Games 2018. Pada kesempatan itu, Anies juga sekaligus melihat penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI Jakarta dengan PT Propan Raya terkait penataan kampung tersebut.

“Kita bersyukur kerjasama kolaborasi antara dunia usaha, pemerintah dan masyarakat menghasilkan kampung tematik di mana yang melukis buakn saja warga, bukan saja petugas PPSU, tapi juga seniman mural yang sesungguhnya,” ujar Anies usai rangkaian acara.

Menurutnya, melukis adalah hal positif sehingga masyarakat perlu memperluasnya. Dia juga tidak membatasi warga yang ingin ikut mewarnai, bahkan di tempat-tempat bersejarah di ibu kota.

“Saya sering sampaikan, berkali-kali kita harus menempatkan Jakarta sebagai kanvas di mana warga diundang untuk ikut mewarnai, warga ikut memberikan nuansa dan hari ini salah satu tempat yang bersejarah di Jakarta ini salah satu titik awalnya kota Jakarta ya di sekitar ini,” tuturnya. 

(yes/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/31/232105/anies-baswedan-tempatkan-jakarta-sebagai-kanvas

0 Response to "Anies Baswedan: Tempatkan Jakarta Sebagai Kanvas"

Posting Komentar