Ramai 'Spanduk BPJS Kesehatan' Tunggak Miliaran Rupiah di Kulon Progo

JawaPos.com – Spanduk yang terpasang di RSUD Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta baru-baru ini menjadi perbincangan hangat warga masyarakat. Pasalnya dalam spanduk tersebut bertuliskan 'BPJS nunggak bayar Rp 13,4 M ke RSUD Wates'

Di bawahnya tertera kalimat 'DEMI RAKYAT kami tetap melayani dengan ikhlas sepenuh hati'. Saat dikonfirmasi pada Senin (30/7) siang, Direktur RSUD Wates, Lies Indriyati mengatakan sedang rapat dan belum memberikan keterangan lebih jauh terkait isi spanduk tersebut.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kulon Progo, Agus Tri Utomo menampik pihaknya ada tunggakan pembayaran sebesar Rp 13,4 miliar ke RSUD Wates. "Silakan tanya ke mereka, (tunggakan sebesar itu) versi dokter atau rumah sakit," kata dia, Senin (30/7).

BPJS Kesehatan
TUNGGAKAN: Senin (30/7) siang spanduk tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan di RSUD Wates sudah hilang (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Klaim BPJS kesehatan, dari RSUD Wates setiap bulannya rata-rata Rp 4,5 miliar. Data terakhir pada Mei lalu, yang baru ditagih ke BPJS pada pertengahan Juni dan belum terbayarkan. "Klaimnya sudah kami verifikasi, dan sudah kami kirim ke pusat," katanya.

Pembayaran tunggakan sebesar Rp 4,5 miliar itu nantinya pun akan dibayarkan dari pusat. Pihaknya hanya sebatas melakukan verifikasi administrasi saja.

Selain klaim pembayaran, lanjut Agus, sesuai aturan juga denda sebesar 1 persen dari total klaim atas keterlambatan itu. Tanggungan tersebut nantinya akan dibayarkan pula oleh BPJS Kesehatan.

"Ini kan karena masih antre nasional dan menyesuaikan kondisi keuangan negara. Kami harapkan pihak rumah sakit juga memenuhi aturan batas waktu entry data ke BPJS, jangan sampai terlambat karena proses setelahnya pasti juga memakan waktu lagi," pungkasnya.

Dari informasi yang berhasil dihimpun JawaPos.com di lapangan, spanduk yang terpasang di kompleks RSUD itu sudah ada sejak Minggu (29/7) malam. Kemudian dilepaskan pada Senin (30/7) pagi.

(dho/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/30/231773/ramai-spanduk-bpjs-kesehatan-tunggak-miliaran-rupiah-di-kulon-progo

0 Response to "Ramai 'Spanduk BPJS Kesehatan' Tunggak Miliaran Rupiah di Kulon Progo"

Posting Komentar