Pecahkan Rekor ORI, Kegaiatan BIAF Dorong Pariwisata Bandung

JawaPos.com - Bandung Internasional Art Festival (BIAF) 2018 menjadi pemicu peningkatan pariwisata Kota Bandung. Terlebih BIAF telah memecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI) dengan menghadirkan 2.513 penari yang membawakan tarian Daun Pulus Keser Bojong di Car Free Day (CFD) Dago, Bandung, Minggu (29/7).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kenny Dewi Kaniasari. Menurutnya, BIAF bisa menjadib ladang promosi kebudayaan Jawa Barat, terkhusus Kota Bandung. Selain itu berpotensi meningkatkan perekonomian dan pariwisata, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Selain kebudayaan, ekonomi kreatifnya juga bisa meningkat untuk Kota Bandung. Karena pariwisata berbasis ekonomi kreatifnya tinggi sehingga bisa menambah kepentingan dan kemajuan sektor kepariwisataan Bandung," kata Kenny di Bandung, Minggu (29/7).

Karena peserta BIAF ini dari 27 daerah di Indonesia dan 9 negara. Maka dipastikan jumlah wisatwan yang datang ke Kota Bandung akan meningkat. Bahkan diketahui, pada 2017 hampir 7 juta wisatawan datang ke Kota Bandung.

Ke depannya acara seperti BIAF ini harus menjadi agenda rutin minimal, kegiatan kebudayaan skala nasional. Dengan tujuan mendatangkan wisatawan dari luar Bandung.

Apalagi kalau kegiatan seperti BIAF bisa mendatangkan ribuan orang, digelar secara rutin, dan dikemas dengan menarik tentu Bandung tentu sangat menunjang meningkatkan pariwisata Bandung.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung pun harus berkoordinasi dan memanfaatkan kegiatan kebudayaan tersebut untuk mempromosikan destinasi wisata ke wisatawan lokal dan mancanegara.

Seperti halnya acara puncak BIAF di Curug Batu Templek, bisa sekaligus promosi destinasi wisata yang mungkin tidak banyak diketahui wisatawan. Menurut Kenny, pihaknya sengaja tempatkan di spot destinasi wisata, karena sebagai ajang memperkenalkan pariwisata Bandung.

(ona/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/07/29/231580/pecahkan-rekor-ori-kegaiatan-biaf-dorong-pariwisata-bandung

0 Response to "Pecahkan Rekor ORI, Kegaiatan BIAF Dorong Pariwisata Bandung"

Posting Komentar