Suka Mobil Ceper? Pertimbangkan Plus-Minus Roda Bercamber Negatif

JawaPos.com - Modifikasi ban miring, lebih menonjol dari bodi banyak diminati. Meskipun terlihat lebih bergaya, cara pasang roda seperti itu ternyata mengandung risiko. Pertimbangkan hal berikut sebelum  menerapkan modifikasi itu.

Gaya mobil seperti itu dikenal sebagai Hellaflush. Berasal dari kata ungkapan 'hell a flush' atau roda yang terlalu masuk ke dalam spakbor. 

Model roda ber-chamber negatif, banyak diaplikasikan untuk mobil berkecepatan tinggi. Posisi ban miring membuat mobil tetap stabil melejit dalam kecepatan tinggi melewati tikungan tajam. Tanpa kawatir terguling. Modifikasi roda ber-chamber negatif dapat membuat respon stir yang menjadi semakin ringan dan responsif saat diputar.

Suka Mobil Ceper? Pertimbangkan Plus-Minus Roda Bercamber Negatif
Bonanza, bengkel spesialis kaki-kaki di Jogyakarta (Istimewa)

Performa tinggi sebaiknya tidak digunakan sebagai acuan pokok satu-satunya. Modifikasi sebaiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan dan medan yang rutin Anda temui. Sebab, Hellaflush bukan berarti tanpa efek negatif. Mobil yang didesain seperti ini menjadi memiliki ground clearence rendah. Sehingga rentan dikemudikan di atas jalanan yang tidak rata. Apa lagi jalur penuh polisi tidur. Body kit, bumper, mapun side skirt rawan mengalami 'cedera' saat terbentur polisi tidur.

Mobil 'ceper' bersuspensi pendek praktis memiliki goncangan lebih keras daripada kondisi normal. Sehingga kenyamanan di dalamnya menjadi berkurang. Terutama ketika melaju di atas jalan penuh benjol. Lantas apa lagi kekurangan yang harus ditangguk?

Menurut penuturan Andre, mekanik dari Bengkel Bonanza spesialis kaki-kaki, di Yogyakarta, modifikasi seperti itu  dapat membuat  komposisi keausan ban menjadi tidak merata. Ban Anda pasti mengalami botak setengah. Sebab tumpuan berat mobil dipikul oleh bagian ban sisi dalam. Selain itu, parts di bagian sistem kaki-kaki akan menjadi cepat uzur. Akibat selalu didera guncangan tersus menerus, serta tumpuan rotasi roda yang berat sebelah.

“Bagian ban yang akan cepat habis ditentukan oleh tipe pemasangan roda. Chamber negatif membuat bagian sisi dalam ban menjadi lebih cepat tipis. Sedangkan chamber positif membuat bagian luar ban lebih cepat tips,” tuturnya. Ia juga mengatakan, selain kemiringan pemesangan roda, lebar velg juga turut menentukan hal tersebut.

Hanya itu konsekwensi negatifnya? Masih ada sob, usia pakai kaki mobil menjadi pendek. Guncangan tanpa henti serta tumpuan rotasi roda yang timpang membuat beban kerja kaki mobil kian berat. Usianya menjadi singkat.

Jadi pertimbangkan kembali sebelum memodifikasi mobil. Ambil nilai plusnya, indari konsekwensi minus yang akan ditangguk.

(tjb/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/06/25/222671/suka-mobil-ceper-pertimbangkan-plus-minus-roda-bercamber-negatif

0 Response to "Suka Mobil Ceper? Pertimbangkan Plus-Minus Roda Bercamber Negatif"

Posting Komentar