2018, Volume Kendaraan Pemudik Diperkirakan Capai 12,4 Juta Unit

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana usai melepas rombongan tour bike Kemenhub di Lawang Sewu, Semarang, Rabu (2/5). Menurutnya, angka tersebut meningkat 16 persen dibanding tahun lalu.

"Pemudik sepeda motor lonjakannya mencapai 33 persen. Sedangkan peningkatan pemudik yang naik kendaraan roda empat sebesar 28 persen," sebutnya.

Melihat perkiraan peningkatan itu, Deni menyebut di tahun ini Kemenhub menyarankan kepada para pemudik untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis berupa kapal RoRo dengan tiga tujuan. Yaitu, Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya.

Selain itu, ia menyarankan pemudik agar naik kapal laut, lantaran pihaknya juga menyediakan rute mudik dari Jakarta menuju Semarang. "Kita upayakan mengurangi kepadatan volume kendaraan pribadi dengan meminta pemudik untuk memakai kapal RoRo. Sangat membantu untuk memecah saat puncak mudik saat puncak mudik," terangnya.

Lebih jauh, ia mengungkap pemanfaatan kapal laut saat ini telah didukung peningkatan daya tampung yang mencapai hampir 500 persen. Adapun fasilitas mudik gratis dari BUMN dan swasta terdapat tiga ribu bus yang melayani menuju seluruh Indonesia.

"Potensi mudik gratis yang sangat besar sehingga masyarakat harus jeli menggunakannya untuk menekan angka kecelakaan di darat," tandasnya.

(gul/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/02/209219/2018-volume-kendaraan-pemudik-diperkirakan-capai-124-juta-unit

0 Response to "2018, Volume Kendaraan Pemudik Diperkirakan Capai 12,4 Juta Unit"

Posting Komentar