Bawa Misi Kemanusiaan, Kapal Ramadan Berlayar ke Indonesia Timur

JawaPos.com - Kapal Ramadan dijadwalkan berlabuh di Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) hari ini, Rabu (30/5). Sedianya kapal yang membawa sedikitnya 10 ribu bahan pangan itu akan menyapa penduduk miskin di wilayah Indonesia Timur. Semua itu akan diberikan secara gratis.

Kedatangan kapal Ramadan yang membawa misi kemanusiaan itu mendapat apresiasi Pj Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono. "Saya memberikan dukungan penuh atas kegiatan kapal Ramadan ini. Kalau ini tahun pertama, saya harapkan rutin tiap bulan Ramadan bisa dilakukan hal yang sama," kata Soni saat berada di Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Rabu (30/5).

Menurut mantan Pj Gubernur DKI Jakarta itu, masyarakat di Indonesia Timur kehidupannya jauh dari kata mapan. Terlebih wilayah Indonesia Timur sebagian besar daerahnya merupakan kepulauan.

Dia menyebut Kapal Ramadan yang dipersembahkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bentuk dari gotong royong nasional. Tindakan itu seperti itu diharapkan dapat mempererat rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air.

"Kalau orang Manado bilang 'Torang Samua Bersaudara' saya kira ini wujud yang konkret karena itu atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Selatan, saya memberikan dukungan penuh atas kegiatan Kapal Ramadan ini," urai pria yang juga Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu.

Oleh karena itu, Soni berharap kegiatan seperti Kapal Ramadan itu tidak hanya digelar pada Ramadan 1439 Hijriah saja, tapi juga bulan puasa selanjutnya. "Kalau ini tahun pertama, saya harapkan rutin tiap bulan Ramadan bisa dilakukan hal yang sama," pungkasnya.

Sebelumnya, ACT telah menyiapkan Kapal Ramadan untuk memulai perjalanannya ke wilayah Indonesia Timur. Kapal itu membawa berkah Ramadan hingga ke pelosok negeri, khususnya di NTT. Provinsi itu dipilih karena dianggap memiliki angka kemiskinan tertinggi ketiga di Indonesia.

Ratusan ton paket pangan akan diangkut bersamaan dengan puluhan relawan pendistribusian maupun medis. Memulai dari Desa Anabanna, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, sekitar 100 ton sembako mulai dikemas pada Senin (28/5) di Sidenreng Rappang (Sidrap), wilayah tersebut merupakan salah satu sentra penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan.

Badan, koordinator Persiapan Paket Pangan Kapal Ramadan mengatakan, bahan pangan yang disiapkan berupa sembako seperti minyak kelapa, gula, dan beras.

(rdw/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/30/216499/bawa-misi-kemanusiaan-kapal-ramadan-berlayar-ke-indonesia-timur

0 Response to "Bawa Misi Kemanusiaan, Kapal Ramadan Berlayar ke Indonesia Timur"

Posting Komentar