Avsec Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular dan Kadal Langka

JawaPos.com - Petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan yang dilakukan seorang WN Jepang bernama Imanishi Yusuke pada Selasa (29/5). Jumlah ular yang disita dari calon penumpang Garuda Indonesia itu sebanyak 50 ekor. Sisanya yang lain adalah kadal sebanyak 10 ekor. Ada pun jenisnya merupakan hewan langka yang harus dilindungi.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta Erwin Revianto, peristiwa tersebut berhasil dicegah sekitar pukul 07.15 pagi.

"Petugas Avsec mendapati tampilan dari barang bawaan penumpang tersebut dilayar monitor X-ray terlihat mencurigakan. Belum lagi gerak-gerik penumpangnya yang seperti orang ketakutan," ujar Erwin di Jakarta, Kamis (31/5).

Kemudian petugas operator menginstruksikan kepada petugas pemeriksa barang untuk melakukan pemeriksaan barang.

“Setelah dilakukan pemeriksaan didapati dua keranjang yang ditutup kardus dan dilakban. Setelah dibuka terdapat bungkusan plastik yang berisi ular dan kadal,” jelasnya.

Sekitar pukul 07.30 WIB, penumpang lalu dibawa ke ruangan petugas untuk dipastikan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dilakukan pemeriksaan dipastikan terdapat tujuh bungkus plastik yang di antaranya enam bungkus berisikan ular ukuran kecil berbagai warna, satu bungkus yang berisikan kadal.

Selanjutnya petugas menghubungi pihak Karantina untuk dilakukan serah terima dan diproses sesuai aturan yang berlaku.

(srs/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/31/216778/avsec-bandara-soetta-gagalkan-penyelundupan-ular-dan-kadal-langka

0 Response to "Avsec Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Ular dan Kadal Langka"

Posting Komentar