Kota Surabaya Akan Dilengkapi CCTV Face Recognition

JawaPos.com - Pemerintah Kota Surabaya akan melakukan pembenahan pada pada transportasi dan lalu lintas di Surabaya. Hal itu dilakukan dalam rangka hari jadi Surabaya yang ke-725. Salah satu yang akan dilakukan yakni, Dinas Perhubungan Surabaya akan meng-upgrade close circuit television (CCTV).

Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, tahun ini pihaknya akan memasang 100 CCTV. Pemasangannya akan dilakukan di 7 lokasi di Surabaya. Terutama, di jalan-jalan protokol dan persimpangan.

"Itu jumlah kamera atas usul dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini," kata Irvan dihubungi JawaPos.com, Kamis (31/5).

Kota Surabaya Akan Dilengkapi CCTV Face Recognition
Bus Surabaya di Jalan Gubernur Suryo (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

Tak hanya CCTV biasa. Irvan mengatakan, pihaknya juga akan meng-upgrade kamera tersebut. Sehingga, kamera tidak hanya menangkap gambar situasi jalan dan kendaraan. Juga, dapat mengenali wajah pengendara dan pengguna jalan.

"Kami upgrade kameranya jadi Face Recognition Camera," kata Irvan.

Hasil tangkapan kamera tersebut akan terintegrasi dengan aplikasi internal di Satlantas Polrestabes Surabaya. Sehingga, nantinya Polisi dapat langsung menilang pengendara yang melanggar lalu lintas di lokasi kejadian.

"Kami sudah kerjasamakan dengan Satlantas Polrestabes Surabaya. Jadi, saat ditilang, Polisi punya bukti rekamannya," jelasnya.

Lebih lanjut Irvan mengatakan, jika inovasi tersebut terbukti ampuh turunkan angka pelanggaran di jalan. Tahun depan, pihaknya berencana menambah CCTB Face Recognition di 100 titik atau lokasi.

Selain itu, Dinas Perhubungan Surabaya juga berencana menyediakan bis feeder yang berukuran kecil. Bis tersebut akan terintegrasi dengan bis Surabaya, bis kota (Damri) dan trem.

Trayek bus tersebut, menuju ke kawasan yang tidak terjangkau bus-bus besar. Namun, Irvan belum memastikan kapan pengadaan bis feeder tersebut akan dimulai. Rencananya, baru tahun depan akan dilakukan pembahasan terkait bus tersebut.

(HDR/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/31/216846/kota-surabaya-akan-dilengkapi-cctv-face-recognition

0 Response to "Kota Surabaya Akan Dilengkapi CCTV Face Recognition"

Posting Komentar