Menghafal Alquran dengan Metode Gerakan Tangan

JawaPos.com - Bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT. Momen inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat, Solo.
Selama dua hari, mulai Rabu - Kamis 30 sampai denhan 31 Mei 2018, 60 siswa SD tersebut mengikuti kegiatan bertajuk "Hidup Mulia Bersama Alquran". Kegiatan ini diadakan di Wisma BK Tawangmangu, Karanganyar.

Pesantren Ramadan ini difokuskan untuk menghafalkan kitab suci Alquran. Tetapi, cara menghafalkannya tidak dengan mengucapkan berulang-ulang. Melainkan menggunakan metode baru, dengan menggunakan gerakan tangan. Selain itu, para siswa juga akan diperkenalkan dengan metode visual hasil kerja sama dengan Rumah Quran Haramain Solo.

Dengan metode gerakan tangan ini, para siswa diajak untuk aktif dalam setiap surat yang dihafalkan. Mereka pun menggerakkan tangan untuk menghafal surat dan juga artinya.

"Selain menghafalkan Alquran, para siswa juga diajarkan mengenai kiat-kiat untuk mengetahui arti setiap kata," terang Humas SD Muhammadiyah PK Kottabarat, Solo, Muhammad Arifin kepada JawaPos.com, Rabu (30/5).

Metode yang diterapkan pada para siswa ini, cukup unik dan tidak terlalu rumit. Sehingga, para siswa tidak merasa berat saat mengikuti pendidikan ini. Sebaliknya, para siswa justru terlihat asyik dan gembira saat mengikuti metode tersebut.

"Misalkan saja saat ada kata Syaithon, maka gerakan kedua tangan membentuk seperti tanduk di kepala," urainya.

Kemudian, untuk metode Visual, kata Arifin, dilakukan dengan cara mewarnai setiap kata yang ada pada Alquran. Kemudian, kata tersebut diartikan berdasarkan warna. Dengan begitu, siswa akan lebih mudah dalam memahami setiap arti kata yang ada pada ayat Alquran.

Ketua Panitia Kegiatan, Slamet Rismiyadi mengatakan, metode yang diterapkan terhadap para siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat merupakan cara baru dalam menghafal Alquran. Jika biasanya mereka menghafal dengan cara membacanya berulang ulang, tetapi dengan metode ini mereka menghafal dengan gerakan tangan dan juga visualisasi.

"Mudah-mudahan dengan metode baru ini akan semakin memudahkan para siswa dalam menghafal ayat-ayat Alquran beserta artinya,," katanya.

Salah seorang siswa bernama Langka mengaku, senang dengan metode baru dalam menghafal Alquran ini. Menurutnya, menghafal dengan metode gerakan tangan serta visualisasi lebih mudah. "Metode ini bisa menghafal Alquran lebih mudah dan juga lebih asyik," ucapnya.

(apl/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/30/216509/menghafal-alquran-dengan-metode-gerakan-tangan

0 Response to "Menghafal Alquran dengan Metode Gerakan Tangan"

Posting Komentar