Aktivis Lintas Organisasi Pantau Pilgub Jatim

JawaPos.com - Sejumlah aktivis lintas organisasi bersatu dalam wadah Gerakan Aktivis Pemantau Pilkada (GAPP). Mereka siap mengawal pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) pada 27 Juni mendatang. Para aktivis akan melakukan pengawasan segala bentuk kecurangan.

Koordinator GAPP Jatim Haris Sofwanul Faqih mengatakan, dibentuknya GAP berawal dari maraknya pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye. Sebagai aktivis, GAP memiliki tanggung jawab moral untuk mengawal proses demokrasi yang bersih, jujur dan adil.

"Kami khawatir Pilgub Jatim ini akan dicederai dengan kecurangan-kecurangn yang dilakukan tim pasangan calon. Karena pengamatan kami, potensi kecurangan ini sangat dimungkinkan dilakukan pasangan calon yang ambisi terhadap kemenangan," kata Haris kepada JawaPos.com, Kamis, (31/5).

Ketua II Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jatim itu berharap, keberadaan GAPP bisa meringankan kerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan. Para anggota GAP akan melakukan pemantauan segala bentuk aktivitas kampanye yang dilakukan masing-masing pasangan calon.

"Angota kami akan melakukan pengawasan. Kalau ada pelanggaran, kami akan melaporkan ke Bawaslu. Tentu ini akan meringankan kerja Bawaslu," imbuh Harris.

Kini, anggota GAPP sudah menyebar ke seluruh Kabupaten/kota di Jatim. Pengawasan pun sudah dilakukan. Bahkan, masing-masing anggota GAPP diwajibkan memberikan laporan secara berkala apapun bentuk kampanye yang dilakukan masing-masing pasangan calon.

"Setiap kabupaten/kota sudah ada. Tinggal mereka melakukan pengawasan lalu memberikan report seminggu sekali segala aktivitas kampanye. Khusus yang mengandung unsur pelanggaran, maka anggota kami harus melaporkan secara itu juga," pungkas pria yang akrab disapa Bogel itu.

(mkd/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/31/216773/aktivis-lintas-organisasi-pantau-pilgub-jatim

0 Response to "Aktivis Lintas Organisasi Pantau Pilgub Jatim"

Posting Komentar