Proses Belajar Terancam Terganggu, Mahasiswa Moscow Rela Pasang Badan

Fan Fest Zone merupakan area yang dikhususkan bagi para fans untuk ikut merasakan atmosfer Piala Dunia 2018 meski tidak menonton langsung di dalam stadion. Setiap ada pertandingan, akan ada puluhan ribu supoter yang memenuhi setiap Fan Zone yang disediakan tuan rumah Rusia.

Nah, salah satu Fan Zone ini terletak di wilayah Vorobyovy Gory, sekitar 300 meter dari kampus dan asrama Moscow State University. Jarak yang cukup dekat inilah yang dinilai akan mengganggu proses belajar dan persiapan para mahasiswa menjelang ujian. Karena jadwal Piala Dunia 2018 yang dimulai pada 14 Juni itu berdekatan dengan jadwal ujian.

Selain itu, keberadaan ribuan fans dengan jarak yang cukup dekat itu berpotensi merusak taman-taman milik kampus. Untuk itu, sekitar 200 mahasiswa dari berbagai Universitas di Moscow pada akhir pekan lalu turun ke jalan melakukan aksi demo.

Seperti dilansir Moscow Times, seluruh mahasiswa peserta demo membentuk pagar betis di depan gedung utama sebagai bentuk protes mereka terhadap Fan Fes di Piala Dunia 2018. Aksi ini juga didukung oleh sejumlah mahasiswa dari universitas lain di Ibu Kota Rusia tersebut.

"Para mahasiswa memutuskan untuk melakukan aksi demo setelah melakukan sejumlah upaya protes resmi terhadap FIFA Fan Fest. Setiap kali kami mengirim nota protes, otoritas Moscow selalu menolaknya tanpa alasan yang jelas," demikian pernyataan pihak mahasiswa kepada Moscow Times.

Rupanya, para mahasiswa ini sudah melakukan sejumlah aksi penolakan terhadap diadakannya Fan Fest Zone di dekat tempat mereka belajar. Upaya yang telah dilakukan sejak 2017 ini bahkan sampai membuat petisi kepada pemerintah, namun selalu mendapat penolakan.

Terakhir, sejumlah perwakilan mahasiswa sempat bertemu langsung dengan Chairman Organizing Committee Piala Dunia 2018, Arkady Dvorkovich, pada 9 April lalu. Namun, meski Dvorkovich berjanji akan mencari solusi, pemerintah lokal Moscow tak melakukan aksi apa pun untuk memindahkan lokasi Fan Zone lebih jauh dari kampus.

(adw/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/02/209235/proses-belajar-terancam-terganggu-mahasiswa-moscow-rela-pasang-badan

0 Response to "Proses Belajar Terancam Terganggu, Mahasiswa Moscow Rela Pasang Badan"

Posting Komentar