Ganjar Jadi Artis, Novel Masa Kecilnya Diangkat ke Layar Lebar

Memakan waktu produksi hingga 1,5 bulan, film yang berjudul sama dengan novelnya ini sekarang tengah memasuki tahap finalisasi. Rencananya, film ini nantinya bakal diputar di seluruh Jawa Tengah.

"Jadi film ini kami buat per chapter, total ada 10 chapter, masing-masing mengisahkan dari masa kecil pak Ganjar SD di Tawangmangu, pindah ke Kutoarjo sampai lulus kuliah di Jogya," kata Andika Prabhangkara, produser film Anak Negeri

Tiap bab pada film ini berdurasi sekitar 10 menit. Film akan ditayangkan per chapter lebih dulu di media sosial Youtube. "Ya niatnya bikin semacam web series," beber sang sutradara, Mirwan Arfah.

Menurut Mirwan, versi Youtube akan mulai diluncurkan dalam waktu dekat. Sedangkan versi utuh yang menggabungkan seluruh chapter dan berdurasi sekitar hampir dua jam, akan diputar bulan depan di sejumlah daerah di Jateng dengan menyasar wilayah pinggiran. 

"Kami punya pop cinema, mungkin kayak layar tancap tapi formatnya digital semua jadi kualitas gambarnya bisa maksimal," katanya. 

Andika mengisahkan, niatan membuat film muncul ketika dirinya dan beberapa kawan menghadiri peluncuran buku Anak Negeri karya penulis Gatotkoco Suroso di Boyolali, Januari lalu. Usai membaca novel tersebut, diakuinya cerita dan pesan moralnya sangat kuat untuk menginspirasi anak bangsa. 

Mulanya pihaknya ingin membuat film format layar lebar. Namun karena keterbatasan waktu dan dana, akhirnya diputuskan web series yang dipilih. 

Waktu yang singkat, lanjut Andika, membuat ia dan kawan-kawan bekerja nyaris tanpa istirahat. Alih-alih meminimalkan biaya, lokasi pengambilan gambar dilakukan di Sleman, tepatnya sekitar Turi, Pakem, dan Ngaglik.

Dikatakan Andika, film ini sendiri melibatkan 10 orang sebagai pemeran utama dan 25 figuran yang seluruhnya berasal dari komunitas teater Jogyakarta. "Beberapa detil tidak mampu kami kejar, pemeran Pak Ganjar misalnya mungkin tidak mirip, kondisi rumah masa kecil, seragam dan lain-lain. Kami mengejar substansi dan konten dulu karena lagi-lagi waktunya pendek," imbuhnya. 

Andika berharap, film tersebut bisa memberikan gambaran pada masyarakat bagaimana perjuangan pria kelahiran Karanganyar tersebut sejak kecil hingga menjadi salah satu pemimpin muda potensial negeri ini. 

Ganjar yang ditemui di sela pengambilan gambar mengatakan, kisah masa kecilnya sebenarnya tak terlalu istimewa. Menurutnya semua anak yang lahir di desa seperti dirinya akan mengalami situasi dan kesulitan yang sama. 

"Saya merasanya biasa saja, tapi teman-teman ini berhasil menggali data dan membuat cerita jadi luar biasa. Mudah-mudahan film dan novel ini bermanfaat dan menginspirasi," katanya.

(gul/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/13/195747/ganjar-jadi-artis-novel-masa-kecilnya-diangkat-ke-layar-lebar

0 Response to "Ganjar Jadi Artis, Novel Masa Kecilnya Diangkat ke Layar Lebar"

Posting Komentar