Hadiri KUI Sumut 2018, Yusril: Jangan Pisahkan Islam Dengan Politik

Dalam pemaparannya Yusril mengatakan, Islam tidak bisa dipisahkan dengan politik. Pakar Hukum Tata Negara dan Ketum Partai Bulan Bintang itu mengingatkan, umat Islam bisa menyikapi kondisi politik kekinian dan ikut aktif di dalamnya.

Kongres yang digelar menurut Yusril punya arti sangat penting. Mengingat dua tahun ke depan adalah tahun politik. Dia pun berharap, KUI Sumut bisa menghasilkan pemikiran yang bijak soal politik dan Islam.

"Karena itu sangat penting mengingatkan umat Islam bahwa, politik adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari ajaran Islam. Oleh karena itu, umat Islam tidak boleh pasif. Umat Islam harus pro aktif. Memisahkan Islam sama dengan memisahkan gula dengan manisnya," ungkapnya.

Dalam konstitusi bernegara kata Yusril, tidak ada yang mengatur soal jaminan atupun keistimewaan umat Islam. Maka dia mengajak Umat Islam untuk bersatu.

Sementara itu, Amien Rais juga memberikan komentar senada dengan Yusril. Menurutnya, saat ini ada Silent Majority yang tidak menentukan sikap. Kemungkinan itu adalah umat Islam. Dia khawatir, dengan elektabilitas Joko Widodo yang dibawah angka 50 persen, selebihnya adalah Silent Majority.

"Ketika beras impor mereka diam, mahasiswa juga diam, listrik naik diam, minyak naik diam, utang menggulung diam. Nah yang diam ini berbahaya, berarti sudah setuju. Kalau tidak hati-hati ini yang bisa menentukan hasil pilpres nanti," katanya.

Dari hasil pengamatan selama ini kata Amien Rais, dia melihat masyarakat sudah ingin ada pergantian pemimpin. Untuk itu dia meminta untuk umat Islam bersatu menggalang kekuatan.

"Umat Islam ini mudah kalau kembali ke Alquran, dikatakan jangan bercerai berai. Jadilah satu, beda mahzab boleh, beda partai boleh, beda firkov (golongan) boleh tapi kalau urusan negara harus tetap bersatu," pungkasnya.

Kongres Umat Islam 2018 ini dihadiri ribuan umat Islam dari berbagai daerah di Sumut Utara. Hampir seluruh organisasi Islam terlibat dalam perhelatan akbar tersebut.

(pra/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/30/200303/hadiri-kui-sumut-2018-yusril-jangan-pisahkan-islam-dengan-politik

0 Response to "Hadiri KUI Sumut 2018, Yusril: Jangan Pisahkan Islam Dengan Politik"

Posting Komentar