Kota Tua Akan Punya Taman Instagramable

Menurut Agus salah satu pekerja proyek yang berugas memasang conblok, bahwa revitalisasi ini hampir selesai. Hanya tinggal beberapa penyelesaian saja.

"Memang sudah hampir selesai. Ini selitar 85 sampai 90 persen mas. Sebelumnya saya bukan di sini, tapi di daerah Asemka. Di sana saya bertugas memasang aliran air yang akan mengalir ke sini," tutur Agus, di proyek tersebut, Sabtu (31/3).

Proyek revitalisasi Kali Besar di Kawasan Kota Tua Jakarta (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Meskipun begitu agus menuturkan seharusnya proyek ini selesai dalam waktu dekat ini. Akan tetapi pihak proyek tidak ingin terburu-buru. "Makanya masih ada beberapa conblok yang belum dipasang, biar nanti diliat di mana yang kurang dan bisa dibenahi kembali. Jadinya tidak memakan waktu yang lebih lama lagi saat pembenahan," lanjutnya.

Pantauan JawaPos.com Taman Kali Besar yang direvitalisasi tersebut sudah dipasangi beberapa parkir sepeda. Ada juga sebuah tiang berwarna merah yang akan digunalam untuk menentukan tarif parkir kendaraan bermotor.

Saat taman itu selesai, pengunjung juga bisa menggunakan angkutan umum seperti Transjakarta. Pasalnya Halte Transjakarta Kali Besar Barat, tepat berada di depan Taman yang akan disebut sebagai 'the little Amsterdam' itu.

Selain itu nanti pengunjung juga akan menikmati sensasi berdiri di atas air. Karena di taman itu pengunjung akan bisa turun ke dalam kali dan di bawahnya terdapat sebuah jalan yang terapung, lalu di sisi kanan dan kirinya terdapat pembatas tali agar penikmat suasana kali tersebut tidak terjatuh.

"Ya air yang dibawahnya itu memang masih belum bersih. Masih kotor dan bau. Makanya waktu itu saya sama Agus ke daerah Asemka sana, buat benerin aliran air. Ada pipa paralon besar di sana. Jadi nanti airnya yang di sini bersih," ujar Tarmin salah satu partner kerja, yang membantu Agus.

Tampaknya, taman ini akan menjadi sebuah tempat yang instagramable. Melihat kondisi taman yang begitu unik dan rapi. Yang menjadi menarik perhatian adalah, adanya tiga patung yang terpajang di belakang Halte Kali Besar Barat.

Patung-patung tersebut adalah patung anak kecil yang sedang menggantungkan sepatunya di leher, aeorang petugas kebersihan yang sedang menyapu, dan seorang orang tua paruh baya yang sedang membaca buku. Tidak hanya itu, jembatan untuk menyebrang dari Halte Kali Besar Barat, menuju ruko yang didepannya menggunakan jembatan yang dilapisi oleh kayu. Sehingga memiliki sensasi tersendiri saat menyebrang.

Tak hanya revitalisasi taman, beberapa ruko tampak ikut diperbaiki untuk menarik minat pengunjung. Suasana di taman itu sendiri juga terasa seperti berada di Amsterdam Belanda. Karena struktur bangunan dan di sekitar taman itu mirip seperti yang ada di negara kincir angin tersebut. Bukan hanya itu, konsep jalan di atas air juga mencerminkan Negara Belanda yang memiliki kontur tanah yang lebih rendah dibandingkan kondisi air.

(ipy/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/31/200379/kota-tua-akan-punya-taman-instagramable

0 Response to "Kota Tua Akan Punya Taman Instagramable"

Posting Komentar