Kejar Target Pelaporan SPT Tahunan, Kantor Pajak Masih Buka Pelayanan

Beberapa Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) di Malang terpantau masih buka, sejak pagi. Misalnya saja di KPP Malang Selatan dan KPP Kepanjen.  

Kepala KPP Kepanjen, Budi Harjanto menjelaskan, mereka masih membuka pelayanan lantaran hari ini merupakan waktu terakhir untuk pelaporan SPT Tahunan. 

"Dari pusat memang perintahnya seperti itu. Tetap buka untuk melayani wajib pajak (WP) yang akan melaporkan SPT tahunan mereka. Serentak se-Indonesia," ujarnya kepada JawaPos.com, Sabtu (31/3). 

Budi menjelaskan, agar tidak semrawut dan pelayanan dapat dikerjakan dengan baik, pihaknya membagi layanan dalam tiga bagian berbeda. Bagian ini disesuaikan dengan jenis SPT yang disetorkan oleh WP.

Misalnya saja SPT pribadi, disediakan di space depan lobi utama kantor. Di halaman kantor, disediakan pula tenda untuk para WP pribadi menunggu antrean. Bahkan, kopi dan teh juga disediakan oleh KPP Pratama Kepanjen agar WP Tidak bosan menunggu. 

Berkas yang dibawa ditempatkan dalam satu di wadah, kemudian diproses secara cepat. Cara ini, diyakininya cukup efektif untuk membuat antrean tidak mengular. 

Selanjutnya, untuk pengisian e-filling, disediakan space di ruangan atas. Di aula KPP Pratama Kepanjen, disediakan beberapa komputer yang bisa digunakan WP untuk mengisi. Selain itu, juga petugas untuk memandu para WP agar tidak salah dalam pengisian. 

Laki-laki yang mengenyam pendidikan di Universitas Teknologi Malaysia (UTM) itu menambahkan, khusus untuk WP usaha, ada ruangan sendiri dan konsultasi intensif dengan account representative.

Melalui konsultasi ini, petugas pajak akan menggali potensi pajak dari client mereka. Juga peningkatan usaha dari client. "Kami dialog intensif sehingga potensi pajaknya bisa disampaikan dengan jelas. Ada komunikasi dua arah," tegasnya. 

KPP Pratama Kepanjen, menargetkan pencapaian pelaporan SPT Tahunan di 2018 ini hingga 101 persen. Hingga Jumat (29/3) sudah tercapai 74,45 persen WP yang melapor. "Data terbaru untuk hari ini baru bisa diakses ketika ganti hari," tandasnya.

(tik/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/31/200406/kejar-target-pelaporan-spt-tahunan-kantor-pajak-masih-buka-pelayanan

0 Response to "Kejar Target Pelaporan SPT Tahunan, Kantor Pajak Masih Buka Pelayanan"

Posting Komentar