Libur Panjang, KAI Siapkan KA Tambahan untuk Rute Ini

Setidaknya ada tiga KA yang mengalami perpanjangan rangkaian. Yakni KA Sancaka Pagi (Surabaya Gubeng–Yogyakarta) ditambah 80 seat ekonomi, sehingga jumlah seat yang tersedia pada saat libur long weekend ini sejumlah 570 seat. KA tersebut akan beroperasi pada tanggal 29-31 Maret dan 1 April.

Selanjutnya, KA Gajayana (Malang–Gambir) ditambah 50 seat eksekutif, sehingga jumlah seat yang tersedia pada saat libur long weekend ini sejumlah 450 seat. KA tersebut akan beroperasi pada 29 Maret & 1 April.

Kemudian, KA Jayabaya (Malang–Pasar Senen) ditambah 80 seat ekonomi, sehingga jumlah seat yang tersedia pada saat libur long weekend ini sejumlah 720 seat, dan akan beroperasi pada 29 Maret & 1 April.

Manager Humas Daop 8 Surabaya Gatut Sutiyatmoko mengatakan, penambahan serta perpanjangan KA tersebut berdasarkan prediksi adanya peningkatan jumlah penumpang.

"Diprediksi liburan long weekend ini mengalami peningkatan sebanyak 10 persen dibanding hari hari biasa," ujarnya pada JawaPos.com, Jumat (30/3).

Dia mengatakan, pada saat libur panjang ini, jumlah penumpang diperkirakan sebanyak 42 ribu penumpang per harinya.

Selain itu, lanjut Gatut, PT KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan KA Sancaka Tambahan relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta dengan sususan rangkaian 8 KA eksekutif dengan total kapasitas 400 seat. KA Sancaka Tambahan ini beroperasi pada Sabtu (31/3) dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 18.15.

Dia mengatakan, pada tahun lalu pihaknya tidak menjalankan KA tambahan. Namun, ada penambahan gerbong penumpang untuk 3 rangkaian KA. Gatut pun mengaku, masyarakat masih menjadikan kereta api sebagai transportasi andalan untuk bepergian pada saat liburan. "Ya, karena on time. Disamping itu saat liburan long weekend arus lalu lintas jalan cenderung terjadi kemacetan," kata dia.

Sementara itu, Gatut menerangkan, untuk pembelian tiket, selain di stasiun, masyarakat bisa melakukan pembelian tiket melalui website kai.id, aplikasi KAI Access, Contact Center 121, gerai Alfamart dan Indomaret, agen-agen mitra KAI, serta vending machine (mesin pemesanan tiket) yang ada di stasiun.

Dengan adanya perpanjangan rangkaian dan KA tambahan ini, pihaknya berharap dapat mengakomodasi dan mengoptimalkan pelayanan penumpang serta meningkatkan kepuasan para pengguna jasa kereta api, terutama pada masa long weekend ini.

(fis/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/30/200245/libur-panjang-kai-siapkan-ka-tambahan-untuk-rute-ini

0 Response to "Libur Panjang, KAI Siapkan KA Tambahan untuk Rute Ini"

Posting Komentar