Dinyatakan Tak Bersalah, 73 TKI Jateng di Malaka Dipulangkan Besok

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng Wika Bintang menuturkan, TKI asal provinsinya yang berjumlah 73 orang itu akan tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Besok mereka tiba di Bandara Ahmad Yani dan terbagi menjadi tiga kloter," katanya ketika dihubungi, Jumat (30/3).

Para TKI tersebut, lanjut Wika, akan diterbangkan dengan pesawat Lion Air bernomor lambung JT 516 dan JT 512 dari Kuala Lumpur lalu transit Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, sebelum tiba di Bandara Internasional Ahmad Yani pada Sabtu pagi.

Pesawat kloter pertama, kata Wika membawa 9 TKI dijadwalkan mendarat ke Bandara Ahmad Yani pukul 08.30 WIB pagi. Kemudian pada sore harinya pukul 15.50 WIB, dijadwalkan datang lagi kloter kedua membawa 22 TKI. Kemudian kloter ketiga tiba pukul 16.30 WIB sore membawa 42 TKI.

"Mereka itu berasal dari Klaten dan Kebumen. Paling banyak asal Purworejo," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, keputusan untuk memulangkan 73 TKI itu dilakukan setelah mereka dinyatakan bebas bersyarat dalam kasus penempatan kerja di Malaysia.

Menurutnya, hakim pengadilan Imigrasi Malaka menyatakan telah memutus 73 TKI itu tak bersalah saat tiba ke Malaysia untuk tujuan bekerja.

Dalam kasus tersebut, hakim menilai Permit of Work yang dikeluarkan PJTKI asal Jateng dinyatakan keliru sehingga membuat para pejuang devisa itu tidak bisa melanjutkan pekerjaannya di sana.

"Dari semula harusnya ditempatkan di Johor Baru. Mereka malah disalurkan oleh PJTKI-nya di Malaka. Tentu hal ini membuat mereka tidak bisa melanjutkan pekerjaannya. Yang sudah terlanjur bekerja dua tahun, terpaksa diputus kontrak. Ini lebih baik ketimbang mereka ditahan pihak imigrasi," tuturnya.

Mengenai 23 TKI yang sebelumnya dinyatakan memiliki izin kerja yang sesuai, kata Wika, akan ikut dipulangkan. "Mereka semua minta pulang, untuk alasannya bisa ditanyakan langsung besok ke orangnya sendiri," imbuhnya.

Ia mengaku telah menghubungj pihak keluarga masing-masing untuk menjemput TKI di Bandara Ahmad Yani.

"Untuk lebih jelasnya soal kronologi pengiriman puluhan TKI tadi ke Malaysia, besok bisa mengonfirmasi ke pimpinan PJTKI yang ikut datang menjemput di bandara," tandasnya.

(gul/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/30/200233/dinyatakan-tak-bersalah-73-tki-jateng-di-malaka-dipulangkan-besok

0 Response to "Dinyatakan Tak Bersalah, 73 TKI Jateng di Malaka Dipulangkan Besok"

Posting Komentar