Mengecewakan! Arteria Dahlan Bakal Dipanggil Meski Sudah Minta Maaf

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto. Dia menegaskan, pihaknya akan melakukan rapat dan memanggil anggota Komisi III DPR tersebut.

“Kami akan rapat dulu. Arteria diajak ngomong dulu nanti seperti apa tunggu keputusannya,” ujar Bambang saat di‎hubungi, Sabtu (30/3).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kanan) dalam rapat kerja dengan DPR. (Charlie/Indopos)

Namun demikian, pria yang akrab disapa Bambang Pac‎ul ini terus terang mengaku kecewa karena koleganya tiba-tiba melontarkan kalimat tidak etis ke Kemenag. Menurutnya, perilaku Arteria itu sudah masuk ranah etika kedewanan.

“Secara subjektif saya menyayangkan. Tetapi yang saya tahu bahwa Arteria masih muda, masih bisa dibina,” katanya.

Lebih lanjut, Bambang menyadari memang kalimat yang diutarakan oleh Arteria Dahlan adalah bentuk kekecewaan. Sehingga Arteria pun merasa jengkel.

Dia juga menduga, kejengkelan itu dikarenakan banyak masyarakat di daerah pemilihannya yang mengadukan nasib tidak bisa berangkat umrah gara-gara ulah biro perjalanan umrah nakal.

“Tapi (kata bangsat) tidak diizinkan. Karena kita punya Pancasila yang kemanusiaan yang adil dan beradab,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam rapat dengan Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, anggota Komisi III Arteria Dahlan mengumpat makian ke Kemenag. Saat itu, rapat membahas mengenai kasus penipuan ibadah umrah.

Arteria mengatakan dirinya sudah berulang kali menanyakan mengenai biro perjalanan umrah bodong ke Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Namun tidak mendapatkan jawaban yang diinginkan.

“Ini Kementerian Agama bangsat Pak semuanya, saya buka-bukaan saja,” kata Arteria.

Dia menyebut, Kemenag tidak berhasil melakukan pencegahan terhadap keberadaan biro perjalanan umrah yang terbukti melakukan penipuaan, terhadap para jamaahnya.

Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin pun bereaksi atas ucapan yang disampaikan Arteria Dahlan. Menurutnya, meski memiliki hak imunitas, meski dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan, tapi tak patut dan tak pantas seorang wakil rakyat yang terhormat menggunakan kata seperti itu.

Lukman mengatakan, sejak kemarin sore ia telah benyak sekali mendapatkan ungkapan kemarahan dari jajaran Kemenag terkait makian Arteria Dahlan.

Oleh sebab itu, Lukman berharap Arteria Dahlan bisa meminta maaf atas ucapan yang dialamatkan ke Kemenag. Sehingga tidak menjadi polemik yang berkepanjangan.

Akhirnya MInta Maaf

Setelah muncul kekecewaan dari sejumlah pihak atas umpatannya, Arteria Dahlan akhirnya meminta maaf kepada Kemenag, khususnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Anak buah Megawati itu mengatakan, apabila ada pihak yang merasa dikecewakan dan tersinggung akibat, perkataan bangsatnya, maka dirinya meminta maaf‎.

“Mohon maaf kalau saya menyinggung Pak Menteri dan teman-teman di Kemenag,” ujar Arteria di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/3).

Arteria mengatakan, pernyataan kasarnya itu dipicu kekesalan karena saat duduk di Komisi VIII DPR dia kesal dengan salah satu pejabat di Kemenag. Pasalnya, saat ada jamaah yang tidak bisa berangkat ke tanah suci, si pejabat itu terkesan cuek dan tidak memberikan solusi apapun.

“Kenapa saya emosi, karena ada orang Kementerian yang ngomong ‘Salah sendiri masa percaya sama penyedia jasa umrah yang biayanya murah’,” katanya.

Oleh sebab itu, dia menyerahkan semuanya kepada publik untuk menilai umpatan ‘bangsat’ itu. Namun yang jelas dia kesal karena tidak ada solusi yang diberikan Kemenag terkait banyaknya jamaah First Travel yang gagal umrah.

(gwn/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/30/200211/mengecewakan-arteria-dahlan-bakal-dipanggil-meski-sudah-minta-maaf

0 Response to "Mengecewakan! Arteria Dahlan Bakal Dipanggil Meski Sudah Minta Maaf"

Posting Komentar