Obat Herbal Ilegal Asal Malaysia Laris Manis Terjual di Medan

Kepala BBPOM Kota Medan Julius Sacramento Tarigan mengatakan, obat yang tersedia dalam bentuk tablet dan serbuk itu diklaim mampu mengobati penyakit sendi, rematik dan jantung. Peredaran obat ini menggunakan cara Multi Level Marketting (MLM) dan penjualan secara online.

"Penyitaan barang pada Kamis (29/3) malam berawal dari laporan masyarakat terkait peredaran obat tradisional herbal mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) di komplek pertokoan Jalan Pancing, Kelurahan Indra Kasih. Stok barang ilegal tersebut juga terlihat di sebuah rumah yang difungsikan sebagai gudang di Jalan Brigjen Bejo, Gang Delima, Kota Medan," kata Julius Sacramento di Medan, Jumagt (30/3).

Kepala BBPOM Julius Sacramento Tarigan (tengah) saat menunjukkan obat herbal ilegal yang disita pada Kamis (29/3). (Prayugo Utomo/JawaPos.com)

Dia mengungkapkan, selama ini produk dari PT Penawar Lagenda Indonesia (PLI) itu diproduksi secara terselubung. Barang serupa juga sudah beredar hampir di seluruh Indonesia. BBPOM sudah melakukan penyelidikan dalam waktu empat hari belakangan.

"Ini produknya dari Malaysia. Tapi dikemas di Kota Medan," ungkapnya.

Pelaku peredaran obat ilegal itu kerap kali menggunakan alibi bahwa barang yang diedarkan adalah obat herbal. Masyarakat banyak yang tertarik karena tren obat herbal memang sedang digandrungi.

"Logikanya, kalau ini laku di masyarakat berarti seakan-akan ada efek. Tapi produknya tidak terevaluasi, berarti ada yang disembunyikan dalam komposisinya oleh pelaku. Pastinya produk itu beresiko, karena kalau tidak beresiko mereka pasti akan mendaftarkannya di BBPOM," katanya.

Hasil pemeriksaan sementara, produk tersebut dijual dengan harga Rp 1,5 juta per kotak. Dengan tawaran khasiat yang bisa diberikan, banyak masyarakat yang terkecoh. Produk Biocypress sendiri diketahui sudah beredar di Indonesia dalam setahun belakangan.

Modus MLM sepertinya menambah kepercayaan konsumen. Biasanya konsumen akan ditawarkan untuk bergabung dan mencari jaringan dan bisa memberikan keuntungan kepada si pencari jaringan. Sehingga masyarakat berlomba-lomba untuk menjual produk tersebut. Temuan kali ini pelaku menggunakan modus MLM PLM World Indonesia.

"Konsumen harus hati-hati. Walaupun natural, herbal, belum tentu itu alami. Kalau ditemukan atau pernah melihat silahkan lapor. Kami jamin kerahasiaan pelapor. Kami juga ingatkan kepada provider online jangan menjual produk obat atau makanan yang tidak memiliki izin edar dari BPOM. Kami akan langsung menindak," pungkasnya.

Total barang bukti yang diamankan sebanyak 1.020 kardus besar Biocypress. Jika ditotal, kerugian negara yang diakibatkan dari penjualan itu sebesar Rp 2,5 miliar.

Sedangkan pelaku penjual obat tersebut terancam dijerat Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman kurungan 15 tahun penjara dan denda Rp 1,5 miliar.

(pra/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/30/200250/obat-herbal-ilegal-asal-malaysia-laris-manis-terjual-di-medan

1 Response to "Obat Herbal Ilegal Asal Malaysia Laris Manis Terjual di Medan"

  1. 🔴 Distributor Resmi Stemcell Marine Placenta SOP 100+ salmon ovary peptide paling ternama dan paling terpercaya di Kota Medan Sumatera Utara sekitarnya 📲 https://wa.me/6285277553117

    ⏰Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman dan respon tercepat.

    🛵🚕Melayani Pengiriman Jasa Gojek / Grab Melalui pembayaran Bank virtual account Barang dikirim ke alamat pelanggan agar cepat tiba di rumah 🏛.

    🏘 Juga Melayani Pengiriman SOP 100+ Bayar di Tempat / Pengiriman Bayar di Rumah SOP 100+ / Cash on Delivery  ( COD ) SOP 100+ Khusus Wilayah Kota Medan sekitarnya.

    ⭐️👍100% Produk Jaminan Asli (original karena kami sebagai Mobile Stockist Resmi SOP100+ AFC INDONESIA

    👌Distributor Resmi SOP 100+ handal & Terpercaya dengan Pelayanan 100% Memuaskan 😍💛😀

    Hubungi Team Kami Segera.
    *The Winner Team di seluruh Indonesia*
    📲 https://wa.me/6285277553117


    Mengenai Informasi selanjutnya,  Bapak dan Ibu bisa dapat kan informasi lengkap disini

    ▬▬▬▬▬▬ஜ۩۩ஜ▬▬▬▬▬▬

    🔴Gabung grup WA:
    ➡️ http://bit.ly/whatsappsop100afclifescience

    🔴Katalog Kumpulan Testimoni Kesembuhan Produk AFC :
    ➡️ https://bit.ly/kumpulantestimonikesembuhan

    🔴Info produk & Cara Membeli :
    ✔️ https://bit.ly/stemcellsop100marineplacenta
    ✔️  https://bit.ly/mysop100marineplacenta
    ✔️
    https://bit.ly/stemcellsop100indonesia

    🔴Konsultasi produk dan cara kerja bisnis :
    ➡️ https://wa.me/6285277553117

    ▬▬▬▬▬▬ஜ۩۩ஜ▬▬▬▬▬▬

    🍁Indahnya Berbagi🌿
    ▬▬▬▬▬▬ஜ۩۩ஜ▬▬▬▬▬▬
    #sop100085277553117
    #utsukushhii
    #infoafc
    #infosop100+
    #sop100+
    #sop100
    #jualutsukushhii
    #jualproduksop100+
    #jualsop100
    #jualprodukafc
    #salmonovarypeptide
    #placentasalmon
    #afc
    #lifescience
    #afclifescience
    #joinafc
    #letsjoinafc
    #salmonplacenta
    #stemcell
    #placenta
    #antiaging
    #salmondna
    #sop100indonesia
    #sop100afcjapan
    #marketingplanafclifescience
    #companyprofileafclifescience
    #companyprofilesop100plus
    #videotestimonisop100
    #videocarakonsumsisop100
    #inovasi  #directselling #beauty #healthy #entrepreneur #bahagia #sehat #cantik #sejahtera #herbal  #binary #dreams #dreamcometrue #success #sukses #teamwork #leader #rekrut
    #sop100085277553117
    #utsukushhii
    #infoafc
    #infosop100+
    #sop100+
    #sop100
    #jualutsukushhii
    #jualproduksop100+
    #jualsop100
    #jualprodukafc
    #salmonovarypeptide
    #placentasalmon
    #afc
    #lifescience
    #afclifescience
    #joinafc
    #letsjoinafc
    #salmonplacenta
    #stemcell
    #placenta
    #antiaging
    #salmondna
    #sop100indonesia
    #sop100afcjapan
    #marketingplanafclifescience
    #companyprofileafclifescience
    #companyprofilesop100plus
    #videotestimonisop100
    #videocarakonsumsisop100
    #inovasi #directselling #beauty #healthy #entrepreneur #bahagia #sehat #cantik #sejahtera #herbal #binary #dreams #dreamcometrue #success #sukses #teamwork #leader #rekrut
    #sop100 #sop100plus #salmonovarypeptide #marineplacenta #stemcelltherapy #detox #utsukushhii #utsukushii #utsukusi #antivirus #antitumor #antikanker #obatimun #obatasamurat #obatkolesterol #obatdiabetes #obatsendi #obathipertensi #obathamil #obatkurus #obatjerawat #herbal #suplementubuh #suplemenjepang #solusikesehatan #healthyfood #bisnisjamannow #peluangusaha #bisnisonline #bisnisrumahan #sop100 #sop100plus #salmonovarypeptide #marineplacenta #stemcelltherapy #detox #utsukushhii #utsukushii #utsukusi #antivirus #antitumor #antikanker #obatimun #obatasamurat #obatkolesterol #obatdiabetes #obatsendi #obathipertensi #obathamil #obatkurus #obatjerawat #herbal #suplementubuh #suplemenjepang #solusikesehatan #healthyfood #bisnisjamannow #peluangusaha #bisnisonline #bisnisrumahan

    ▬▬▬▬▬▬ஜ۩۩ஜ▬▬▬▬▬▬
    BAYAR DI TEMPAT!! SOP 100+ SALMON OVARY PEPTIDE Produk dari AFC LifeScience

    SOP 100+ AFC INDONESIA , Distributor Resmi SOP 100+ , Stockist Resmi SOP 100+  ,  Stokist Resmi Utsukushhii  📲0852.7755.3117

    Info Kantor Pusat AFC Life Science Indonesia Melalui Distributor Stockist Pengiriman SOP 100+ ︳Utsukushhii ︳SOP Subarashi 📲0852.7755.3117

    BalasHapus