Sudirman Sinyalir Dukungan dari Ketua PW Muhammadiyah Jateng

Calon Gubernur Jateng Sudirman Said saat menghadiri Ta'aruf Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng di Semarang. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)

JawaPos.com - Calon gubernur Sudirman Said mensinyalir adanya dukungan Ketua PW Muhammadiyah Jateng M. Tafsir kepada dirinya dan Ida Fauziyah pada Pilgub 2018. Hal itu diungkapkannya usai acara Ta'aruf Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng di Semarang, Sabtu (31/3).

Sinyal dukungan layaknya terungkap, bermula ketika Wakil Ketua PW Aisyiah Jateng, Taqiyah Musman menanyakan ketegasan dari Sudirman perihal pendukungan oleh warga Muhammadiyah.

"Kami warga Muhammadiyah ingin Pak Dirman (Sudirman) mengatakan dengan tegas, apakah hendak meminta dukungan ke seluruh pengurus dan warga Muhammadiyah atau bagaimana?" tanya Taqiyah di hadapan seluruh 35 pimpinan daerah Muhammadiyah, pimpinan Aisyiah, lembaga pendidikan dan kesehatan Muhammadiyah se-Jateng. 

Belum sempat dijawab, Taqiyah kembali melayangkan ungkapan. "Bahwa perempuan Jateng harus dikembalikan sesuai kodratnya. Kalau saya, saya pertegas bahwa perempuan akan mendukung perempuan," tandasnya.

Mendengar pernyataan itu, seluruh hadirin riuh bertepuk tangan. Tak selesai sampai di situ, M. Tafsir pun segera menimpali lontaran Taqiyah tadi. "Kalau Bu Taqiyah memilih perempuan, saya karena normal ya juga akan memilih perempuan," katanya.

Namun ketika dikonfirmasi ungkapan tersebut, M. Tafsir mengutarakan jawaban diplomatis, yakni secara kelembagaan Muhammadiyah akan netral. "Ketika di bilik suara warga Muhammadiyah kan tidak bisa netral," katanya.

Sebagai pimpinan Muhammadiyah, kata Tafsir, tentu kita tidak bisa menyatakan secara formal kepada seseorang. Acara tersebut merupakan untuk mengedukasi warga Muhammadiyah agar memilih secara cerdas dan rasional.

"Saya rasa warga bisa menafsirkan apa yang harus dilakukan. Dukungan di arena publik tetap netral. Apalagi Muhammadiyah homogen bahwa mainstream-nya ada, tetap tidak homogen," katanya.

Menurut dia jika dukungan pada salah satu calon secara organisasi tidak memberi keadilan. Namun, ketika ditanya apakah akan memilih perempuan, Tafsir berdalih. "Dalam kondisi suami istri harus begitu," katanya.

Sementara Sudirman sendiri optimis, pernyataan M. Tafsir tadi merupakan sinyal kuat dukungan yang diberikan kepada dirinya dan Ida.

"Saya bersyukur makin banyak elemen yang mendukung, baik eksplisit maupun inplisit. Saya mendapat sinyal yang kuat bahwa keluarga Muhammadiyah akan mendukung kemenangan pasangan nomor 2," katanya.

Ia pun menuturkan bahwa jika terpilih nanti akan memberikan alokasi program yang sesuai kepada Muhammadiyah, sebagaimana ia sebutkan sebagai Institusi yang telah ada sejak dulu. Meski begitu, ia kembali menegaskan bahwa hal tersebut sifatnya bukanlah transaksional.

"Para pemimpinnya (Muhammadiyah) paham betul dinamika politik. Bagaimana interaksi politik dengan ormas. Menjadi suatu konsekuensi logis bagi kepala daerah dimana dia harus memberikan perhatian kepada seluruh elemen," imbuhnya.

(gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

Sponsored Content

loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/03/31/200462/sudirman-sinyalir-dukungan-dari-ketua-pw-muhammadiyah-jateng

0 Response to "Sudirman Sinyalir Dukungan dari Ketua PW Muhammadiyah Jateng"

Posting Komentar