Disnaker Kota Batam Fasilitasi Pertemuan Buruh dan Gubernur Kepri

Wali Kota Batam HM Rudi (Kiri) ketika menemui perwakilan buruh di Kantor Pemkot Batam. (Boni Bani/JawaPos.com)

JawaPos.com - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Batam menjembatani disahkannya Upah Minimum Sektoral Kota (UMSK) Batam 2018 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) terus dilakukan.

Yang terbaru, Pemkot Batam dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan (Dianaker) Kota Batam akan memfasilitasi pertemuan antara Gubernur Kepri Nurdin Basirun dengan perwakilan buruh dari masing-masing sektor untuk membicarakan perihal pengesahan UMSK Batam.

Wali Kota Batam HM Rudi ketika menerima perwakilan buruh yang melakukan orasi dalam perayaan hari buruh internasional atau May Day 2018 di Kantor Pemkot Batam Jalan Engku Putri, Batam Centre, Batam mengatakan bahwa, pihaknya sudah melakukan komunikasi perihal tuntutan yang disuarakan buruh.

Dari hasil komunikasi tersebut, Nurdin bersedia menemui perwakilan buruh dari masing-masing sektor yang rencananya akan berlangsung di Kantor Pemkot Batam pada Kamis (3/5) mendatang.

"Pak Gubernur (Nurdin Basirun) ketika saya hubungi dan bicarakan masalah tintutan UMSK ini, beliau akan menemui buruh di Batam. Jadi kita fasilitasi untuk menyelesaikan masalah ini, nanti secara resmi Disnaker Kota Batam yang akan mengundang perwakilan dari masing-masing sektor," kata Rudi kepada perwakilan buruh, Selasa (1/5).

Sementara itu, Rudi menjelaskan bahwa, Pemkot Batam telah selesai untuk permasalaham UMSK. Permasalahan UMSK hanya tinggal bagaimana Pemprov Kepri melihat kesesuaian dengan aturan yang melandasinya.

Pemkota Batam, sejauh ini telah melayangkan dua kali surat rekomendasi untuk pengesahan UMSK Batam. Namun mendapat tanggapan bahwa penetapan UMSK Batam belum bisa dilakukan karena masih belum menuhi ketentuan yang berlaku.

Pemprov Kepri mendasari keputusan tersebut, berdasarkan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Dimana untuk menentukan dan merumuskan UMSK harus melalui perembukan dengan asosiasi di masing-masing sektor. Sementara beberapa sektor yang ada di Batam belum memiliki asosiasi.

(bbi/JPC)

Alur Cerita Berita

Rekomendasi Untuk Anda

Sponsored Content

loading...

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/01/208983/disnaker-kota-batam-fasilitasi-pertemuan-buruh-dan-gubernur-kepri

0 Response to "Disnaker Kota Batam Fasilitasi Pertemuan Buruh dan Gubernur Kepri"

Posting Komentar