Resmi, FIFA Tunjuk 13 Wasit Khusus Menangani VAR di Piala Dunia 2018

Salah satu persiapan yang dilakukan FIFA adalah menunjuk secara resmi 13 wasit yang akan bertindak khusus sebagai video assistant referee (VAR). Seperti dilansir laman resmi FIFA, seluruh wasit khusus ini merupakan hasil seleksi ketat yang dilakukan oleh Komisi Wasit FIFA.

Ada sejumlah kriteria yang menjadi patokan bagi Komisi Wasit FIFA menentukan 13 wasit ini. Di antaranya adalah punya pengalaman mencukupi sebagai video match official di dalam kompetisi yang berada di bawah naungan asosiasi maupun konfederasi setempat.

Tak hanya itu, mereka yang terpilih juga pernah mengikuti sejumlah seminar terkait penggunaan VAR. Sehingga mereka dijamin punya kemampuan dan skill dalam mengelola teknologi ini tanpa kesulitan.

FIFA memang akan menggunakan sistem VAR dalam 64 laga di Piala Dunia 2018. Dalam kerjanya nanti, setiap wasit VAR juga akan didampingi oleh tiga asisten (AVAR1, AVAR2, dan AVAR3). Setiap asisten punya fokus dan angle yang berbeda dalam melihat tayangan video pertandingan.

Untuk menunjang kerja para wasit VAR, FIFA pun menyediakan 4 operator yang akan membantu dalam menyiapkan video replay dan angle kamera yang berbeda. Diharapkan, penggunaan VAR ini akan mengurangi kesalahan putusan wasit dan membuat pertandingan bisa berjalan lebih fair.

(adw/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/01/208925/resmi-fifa-tunjuk-13-wasit-khusus-menangani-var-di-piala-dunia-2018

0 Response to "Resmi, FIFA Tunjuk 13 Wasit Khusus Menangani VAR di Piala Dunia 2018"

Posting Komentar