Sumber Sira, Wisata Alam Jujugan Artis

Menuju lokasi Wisata Sumber Sira tidak sulit. Dari Kota Malang, arahnya ke Selatan melewati Terminal Gadang. Lurus saja hingga sampai di pertigaan Karangduren, Pakisaji dan mengarah ke Bululawang.

Ikuti jalan besar hingga sampai di pertigaan PG Krebet, Bululawang. Kemudian lurus terus menuju Gondanglegi. Di pinggir jalan sisi Barat, akan ada penunjuk arah sekaligus gapura bertuliskan Desa Putukrejo.

Artis: Iis Dahlia saat berkunjung ke Sumber Sira. (Rosyid for JawaPos.com)

Ikuti saja jalannya. Anda akan menemukan perkampungan penduduk, kebun tebu dan jalan makadam. Namun semua perjalanan akan terbayar ketika sampai di lokasi.

Cukup membayar Rp 3 ribu untuk tiket masuk, sajian keindahan alamnya bisa dinikmati sepuas hati. Tidak perlu takut lapar, karena banyak pedagang makanan di daerah itu.

Wisata Sumber Sira memiliki keunikan pada gugusan ganggang di bawah air. Gerombolan tanaman air ini melambai mengikuti arus air. Biasanya, wisatawan menjadikan gerombolan ganggang sebagai spot selfie. Namun tentunya foto diambil dengan kamera khusus yang tahan air.

Bagi wisatawan yang tidak ingin menyelam di kolam sumber dengan luas sekitar 30 meter persegi, maka bisa bermain air. Kedalamannya hanya sampai paha orang dewasa. Di sana, wisatawan bisa tiduran di atas ban sewaan ukuran besar sambil memandang langit biru.

Pengunjung pun tak perlu khawatir kepanasan. Pasalnya, sumber yang berada di tengah kampung ini terlindungi tanaman yang rimbun. Bosan berenang, pengunjung juga bisa mencoba river tubbing. Masih menggunakan ban sewaan seharga Rp 5 ribu. Ikuti saja arus sungai yang jernih dan tenang sambil menyusuri sawah. Dijamin relaks.

Bosan bermain air, pengunjung bisa duduk manis di dangau yang ada di tengah sawah. Atau sekadar menyusuri pematang sawah.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Barokah Abdur Rosyid menjelaskan, wisatawan yang datang ke lokasi yang dikelolanya bukan hanya dari lokal saja. Bahkan, kalangan artis dan politisi juga kerap datang. Salah satunya adalah Iis Dahlia.

Rosyid menyebutkan, Iis datang bersama rombongan. Tidak sedang syuting, namun hanya berlibur. "Sempat berbincang sebentar. Katanya tahu tempat ini dari Instagram," kata Rosyid kepada JawaPos.com, Selasa (1/5).

Rosyid menjelaskan, Sumber Sira juga kerap dijadikan lokasi stasiun TV nasional untuk take gambar dalam sebuah program. Untuk politisi yang kerap ke Sumber Sira adalah Kresna Dewanata Prosakh. Dia adalah anggota DPR RI dari Fraksi NasDem. Beberapa kali juga menggelar kegiatan di Sumber Sira.

Jika hari libur seperti sekarang, pengunjung Wisata Sumber Sira bisa sampai 1.000 orang. Namun jika weekday hanya ratusan orang saja.

(tik/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/05/01/208917/sumber-sira-wisata-alam-jujugan-artis

0 Response to "Sumber Sira, Wisata Alam Jujugan Artis"

Posting Komentar