Gempa Guncang Kupang dengan Kekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR

JawaPos.com - Telah terjadi gempa dengan skala besar yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT). Mengejutkannya tidak hanya satu kali gempa, beberapa menit kemudian telah dirasakan kembali gempa susulan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan dalam keterangannya gempa 6,2 SR terjadi pada pukul 14.08 WIB dengan titik gempa di laut sekitar 106 km tenggara Kupang, NTT.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan dua gempa berkekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR dirasakan lemah di Kota Kupang sendiri, sehingga masyarakat tidak mengalami kepanikan yang berarti.

"Gempa dirasakan lemah selama 2 detik di Kota Kupang. Tidak ada kepanikan di masyarakat, jadi mereka tetap melakukan aktivitas secara normal," tutur Sutopo dalam keterangannya, Selasa (28/8).

Sesuai informasi yang didapat Sutopo, gempa tidak dirasakan di Kabupaten Kupang, begitupula Kabupaten Rotendao selama kurang lebih 2 detik dan aktivitas masyarakat tetap normal.

"Gempa ini tidak berpotensi berpotensi tsunami, diketahui sumber gempa berasal dari zona subduksi yaitu pertemuan lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia," jelasnya.

Sutopo menerangkan sumber gempa berbeda dengan sumber gempa di Lombok dan Sumbawa. Sehingga kedua gempa yang terjadi pada hari ini tidak ada kaitannya dengan gempa besar yang sempat menimpa Lombok.

"Berdasarkan analisis peta intensitas gempa dirasakan II-III MMI, artinya ringan dan tidak merusak. BPBD terus memantau dampak gempa. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa, masyarakat dihimbau untuk tetap tenang," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/08/28/238954/gempa-guncang-kupang-dengan-kekuatan-62-sr-dan-58-sr

0 Response to "Gempa Guncang Kupang dengan Kekuatan 6,2 SR dan 5,8 SR"

Posting Komentar