Sulap Honda C70 Jadi Motor Listrik

JawaPos.com – Gelombang gerakan go green yang marak karena polusi udara yang kian masif diberbagai negara membuat sektor otomotif juga mulai berbenah. Perkembangan produk otomotif kini, harus memenuhi standar keiritan tertentu. Bahkan zero emission yang ramah lingkungan.

Hal ini serius diterapkan di Tiongkok. Menghadapi polusi udara yang sangat besar. Untuk itu, setiap produsen mobil atau motor yang ingin masuk ke Cina, harus memiliki kualifikasi khusus seperti menggunakan mesin listrik.

Dilansir Paultan, beberapa waktu lalu, motor-motor lawan seperti Honda C70 bahkan dilarang untuk berjalan di pusat kota. Oleh karena itu, pilihannya adalah merubah mesin motor mungil itu emnjadi eCub2 yang menggendong mesin listrik.

Sulap Honda C70 Jadi Motor Listrik
Sentuhan minimalis jstru membuat motor tua ini menjadi terlihat modern. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

Adalah Shanghai Custom, sebuah perusahaan otomotif yang ditunjuk lembaga Bea Cukai Shanghai untuk mengubah Honda C70 menjadi eCub2. Proses yang dilakukan adalah membuang mesin satu silinder bawaan pabrik dan menggantinya dengan motor lustrik berdaya 1000 watt yang didukung baterai 3,7 volt.

Baterai yang digunakan adalah baterai yang dikembangkan Panasonic yang diletakan dibawa jok motor. Dengan baterai ini, mereka mengklaim eCu2 bisa menjangkau jarak 40 km dengan kecepatan 45 km. Racikan inovatif ini sangat cocok untuk pengguna motor dalam perkotaan.

Perubahan Honda C70 bukan hanya pada mekanisme mesinnya, sisi bodywork ikut mendapat sentuhan yang lebih minimalis. Instalasi kelistrikan seperti kabel panel instrumen dan baterai semuanya dipasang dalam bodi sehingga kabel yang menjulur hanya terlihat pada bagian depan yang mengakomodir lampu utama.

Untuk pencahayaannya motor custom ini mendapatkan lampu LED depan dan belakang, yang dianggap lebih hemat listrik. Untuk sock breaker digunakan suspensi handa pada bagian belakang agar lebih nyaman.

Projek pembangunan Honda C70 ke eCub2 ini melibatkan seorang desainer otomotif terkenal asal Selandia baru yakni Matthew Waddick. Nantinya model eCub2 terus dikembangkan secara masif, agar semua motor dengan mesin konvesional ditransformasiakan menjadi motor listrik.

(wzk/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/08/29/239236/sulap-honda-c70-jadi-motor-listrik

0 Response to "Sulap Honda C70 Jadi Motor Listrik"

Posting Komentar