Limousine Aurus, Mobil Asli Rusia Dibanggakan Vladimir Putin

JawaPos.com – Ketika banyak presiden senang mengendarai mobil beken misalnya Mercedes-Benz, BMW atau Rolls-Royce, Kesenangan seperti itu tidak berlaku bagi Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Presiden nyentrik ini, lebih memilih mobil buatan negaranya sendiri yakni Aurus. Merek yang mungkin tak akrab di telinga, namun memiliki kemampuan yang setara dengan Rolls-Royce asal Inggris yang super mewah.

Aurus sebenarnya dikembangkan sekelompok perusahaan otomotif di Rusia di bawa institusi Central Scientific Research Automobile dan Automobile Engines Institute (NAMI) Rusia.

Limousine Aurus, Mobil Asli Rusia Dibanggakan Vladimir Putin
Interior Limousine Aurus (Paultan)

Mobil Aurus yang digunakan Putin merupakan proyek khusus yang disebut Kortezh. Mobilnya berbentuk Limousine mewah yang pertama kali terlihat oleh publik pada Mei 2018. Proyek ini juga ingin memberikan pesan ekonomi-politik pada negara Eropa lain bahwa Rusia ingin mengurangi ketergantungannya pada barang-barang impor dan teknologi dari luar.

Setelah sang presiden menggunakannya, virus Aurus menyebar ke senat Rusia. Meski sama-sama merupakan Limousine Aurus namun ada perbedaan antara mobil Putin dan senatnya di sisi dimensi.

Dilansir dari Paultan, kamis (30/8/2018), mobil untuk Putin lebih panjang  990 mm dibandingkan mobil Limousine Aurus yang dikendarai para senat yang berdimensi 5.639 mm.

Sebagai mobil orang penting, jantung disematkan jantung pacu yang mumpuni. Aurus menggendong mesin V8 bensin hibrida 4.4 liter dengan turbocharged berpower 598 hp dengan torsi 880 Nm torsi. Dilengkapi motor listrik yang memasok tambahan 40 hp. Daya pacu dikirim ke empat sudut ban melalui transimisi otomatis sembilan-percepatan.

Mobil ini secara kasat mata mirip mobil Rolls-Royce untuk keluarga kerajaan Inggris. Hal ini terlihat dari bentuk lampu depan ke grille radiator yang berukuran besar. Dudukan roda yang megah. Tepian trailing dari grille memiliki dua alur berkontur tajam yang membentuk garis berkarakter, dan membentang ke belakang.

Mobil ini  dibekali interior mewah dilapisi kulit dengan binnacle instrumen digital lenglap dengan layar infotainmen pusat. Ventilasi udaranya mengadopsi sistem yang sama pada mobil Bentley yang terkenal untuk mengontrol aliran udara.Termasuk sistem kontrol iklim zona ganda mengingat Rusia memiliki cuaca ekstrim.

Aurus mengaplikasikan sistem pencahayaan ambient LED delapan-mode, kursi kulit mewah diperkuat dengan perforasi, hiasan kayu halus dan sejumlah sistem bantuan pengemudi. Ada juga kursi belakang dengan sandaran, kulkas terintegrasi, dan kacamata kristal bermerek Aurus. Limousine ala Rusia ini menyediakan model lapis baja secara optional.

(wzk/JPC)

Let's block ads! (Why?)

https://www.jawapos.com/read/2018/08/31/239689/limousine-aurus-mobil-asli-rusia-dibanggakan-vladimir-putin

0 Response to "Limousine Aurus, Mobil Asli Rusia Dibanggakan Vladimir Putin"

Posting Komentar